Senin, 01 Mei 2023 22:35 WIB

Harley-Davidson Hadirkan Motor Harga "Wong Cilik"

Editor : Yusuf Ibrahim
Harley-Davidson . (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Harley-Davidson merupakan motor besar yang impian banyak orang. Sayang, harganya yang terlampau tinggi membuat banyak besar orang tak mampu untuk memilikinya.

Namun, produsen motor asal Amerika Serikat (AS) itu mencoba mewujudkan impian kalangan menengah dengan menghadirkan motor Harley murah. Pastinya dengan mesin yang lebih kecil dan bentuk motor yang tidak besar.

Dilansir dari Ride Apart, Harley-Davidson saat ini berbisnis dengan QJ Motor, sebuah perusahaan asal China yang dikenal sebagai induk dari sepeda motor Benelli dan Colove/Kove. Dikenal juga sebagai Qian Jiang Motor, selain dari HD, perusahaan ini juga dikenal karena mengambil merek barat.

Mereka mendesain ulang dengan mengadopsi mesin, teknologi, mentransfer pengetahuan mereka dalam membangun sepeda motor. Di bawah daftar mitra bisnis perusahaan, selain Harley Davidson, ada MV Agusta yang juga tidak asing dengan kemitraan dengan merek lain seperti KTM.

Ini memungkinkan untuk mentransfer teknologi untuk membuat motor yang lebih terjangkau. Motor terbaru Harley-Davidson adalah X500 yang diluncurkan, pada 21 April 2023, dan X350 yang dipamerkan dalam gelaran otomotif AutoShanghai 2023. Ini merupakan pertama kalinya kedua motor itu dipamerkan ke publik.

Model terbaru yang memiliki desain mesin dan bodi lebih kecil ini sangat berbeda dari yang biasanya. Mungkin itu karena QJ melakukan sebagian besar pekerjaan saat membangun kedua motor ini.

Kedua sepeda motor ini didasarkan pada platform yang sama dengan Benelli Leoncino 500 dan 350. Tampilan, bentuk, rasa, dan postur umum kedua model ini sangat mirip dengan Benelli, tetapi bermerek Harley Davidson. 

Dari segi dapur pacu, X500 dibekali mesin berkapasitas 500 cc berpendingin cairan, fuel-injected, parallel-twin yang menghasilkan tenaga 47 hp dan torsi puncak 33 pound-feet. Sementara itu, X350 hadir dengan mesin berkapasitas 335 cc parallel-twin yang menyemburkan tenaga 36,5 hp dan torsi puncak 22,8 pound-feet.

Kedua motor ini hadir dengan kluster instrumen semi-digital, dengan pod pengukur tunggal yang menampilkan kecepatan, bahan bakar, dan odometer. Lampu depan dan lampu belakang sudah full LED, dan untuk keselamatan, dilengkapi dengan ABS. Di China, Harley-Davidson X350 dibanderol sekitar 33.388 yuan atau setara Rp70,6 juta. Sedangkan untuk X500 dijual sekitar 44.388 yuan atau sekitar Rp94 juta.(mir)


0 Komentar