Jumat, 05 Mei 2023 01:34 WIB

Airlangga Matangkan Pembentukan Koalisi Besar di Pilpres 2024

Editor : Yusuf Ibrahim
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto terus mematangkan pembentukan Koalisi Besar dalam menghadapi Pilpres 2024.

Terbaru, Airlangga menemui politikus senior Partai Golkar yang juga mantan Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK). Airlangga sowan ke Jusuf Kalla di kediamannya Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Kamis (4/5/2023) malam. Dalam pertemuan itu Airlangga menyampaikan sejumlah update yang sedang dikerjakan oleh Partai Golkar, termasuk, rencana pembentukan Koalisi Besar menjelang Pilpres 2024.

“Saya sampaikan update daripada koalisi yang sedang dibangun oleh Partai Golkar. Tentu Pak JK sebagai senior dan juga mantan Ketum Partai Golkar, wajib bagi saya untuk menyampaikan update dari apa yang dikerjakan oleh Partai Golkar,” ungkap Airlangga seusai pertemuan.

Meski begitu, Airlangga mengaku dalam pertemuan itu keduanya hanya berbicara secara global. Tidak detail terkait agenda pertemuan ketua umum partai politik dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. “Kami bicara secara global karena juga acara kekeluargaan. Hadi tentu tidak sedetail pembicaraan tersebut,” katanya.

Sementara JK mengatakan, pertemuannya dengan Airlangga hanya silaturahmi antara mantan Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Partai Golkar. Pertemuan keduanya juga membicarakan bagaimana membangun Indonesia ke depan.

“Kita punya frekuensi yang sama. Tapi tetap dalam rangka silaturahmi dan melihat Indonesia ke depan, apa yang ingin kita tuju secara bersama-sama. Tetap dalam prinsip-prinsip kemajuan. Ya, itu yang kita bicarakan dengan baik, karena memang sejak dulu prinsip kira seperti itu. Saya kira seperti itu malam ini,” tutup JK.

Diketahui, Airlangga telah menemui sejumlah tokoh politik dalam rangka mematangkan pembentukan Koalisi Besar. Sebelumnya, Airlangga sudah bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023).

Partai Golkar dan PKB juga sudah resmi menggagas Koalisi Besar menghadapi Pilpres 2024. Hal ini disepakati setelah Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Rabu (3/5/2023).

Airlangga menjelaskan, Partai Golkar dan PKB telah mempunyai koalisi. Golkar tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sementara PKB bersama Partai Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).(fik)


0 Komentar