Jumat, 05 Mei 2023 17:38 WIB

Tiga Pasangan Calon Diprediksi Ikut Bertarung di Pilpres 2024

Editor : Yusuf Ibrahim
Ganjar, Prabowo dan Anies. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Peta Pilpres 2024 semakin terang setelah pengumuman Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Mereka adalah Ganjar, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Melihat perkembangan manuver elite politik akhir-akhir ini. Setelah PPP menyatakan sikap mengusung Ganjar Pranowo dan Golkar mulai merapat ke KKIR, maka dapat diperkirakan tiga pasangan calon akan ikut bertarung, Ganjar, Prabowo, dan Anies," ujar Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis Fadhli Harahab, Jumat (5/5/2023).

Dia mengatakan setelah PPP juga ikut mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres, maka dengan sendirinya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar. "Sikap PPP yang ikut PDIP tentunya membuat kapal KIB pecah, sekocinya mencar-mencar. Apalagi Golkar sebagai nakhodanya mulai oleng dan memilih mendekat ke KKIR," katanya.

Fadhli menduga parpol yang tergabung dalam KIB akan mencari perahu yang lebih besar dan dapat mengakomodir kepentingan kelompoknya. "Berbagai kemungkinan masih bisa terjadi. Kalau PPP sudah memastikan sikap ikut bersama PDIP dan Golkar sudah merapat ke KKIR, maka PAN tinggal menunggu waktu," ujarnya.

Melihat gelagat elite PAN dan berbagai pernyataannya, Fadhli pun menilai partai berlambang matahari itu akan merapat ke barisan PDIP dan PPP. "PDIP, PPP, dan PAN usung Ganjar Pranowo. Gerindra, PKB dan Golkar usung Prabowo. Dan terakhir Demokrat, Nasdem, dan PKS usung Anies," pungkasnya.(mir)


0 Komentar