Jumat, 26 Mei 2023 21:12 WIB

Pendaftaran Bacalon KOI/NOC Dibuka pada 5 Juni Hingga 16 Juni, Kongres 30 Juni

Editor : Yusuf Ibrahim
Tim penjaringan. (foto Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- KOMITE Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) mengumumkan pelaksanaan kongres pemilihan akan dihelat pada 30 Juni 2023 di Jakarta.

Pendaftaran calon ketua umum, wakil ketua umum, serta komite eksekutif untuk periode berikutnya akan segera dibuka. Ketua Panitia Pelaksana Kongres, Ismail Ning, menyampaikan ada 66 dari 67 cabor anggota atau federasi nasional yang sudah terverifikasi dan akan memiliki hak suara dalam kongres.

Satu anggota yakni Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) diminta untuk memenuhi persyaratan administrasi keanggotaan hingga batas akhir 30 Mei jika ingin memiliki hak suara.

"Ada 67 (cabor) terdaftar tapi yang terverifikasi 66. Kami masih menunggu sampai 30 Mei akan dilihat apakah masuk dalam persyaratan tim verifikasi," ucap Ismail dalam konferensi pers di kantor NOC Indonesia, Jakarta, Jumat (26/5).

Ketua Tim Penjaringan, Ngatino, menyampaikan pendaftaran akan dibuka pada 5 Juni hingga 16 Juni. Sosialisasi persyaratan untuk mendaftar sudah dilakukan ke cabor-cabor. Untuk calon ketua umum dan wakil ketua umum harus satu paket dengan membawa minimal dukungan 30 suara jika ingin maju.

"Syaratnya harus berpasangan ketum dan waketum lalu mendapatkan dukungan 30 suara," ujar Ngatino.

"Pendaftaran para calon harus mendaftarkan langsung tidak bisa diwakilkan," imbuhnya.

Dalam kongres nanti, setiap anggota yang merupakan cabor kategori olimpiade memiliki bobot tiga suara sedangkan non olimpiade satu suara. Tim Penjaringan berharap siapapun yang mencalonkan nantinya agar berkomitmen penuh memajukan prestasi olahraga Indonesia di ajang internasional. (san)


0 Komentar