Kamis, 03 Agustus 2023 20:40 WIB

Ganjar Diyakini Lanjutkan Program-program Jokowi

Editor : Yusuf Ibrahim
Ganjar. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sebanyak 40% publik percaya bahwa bakal Capres Partai Perindo Ganjar Pranowo akan melanjutkan program-program Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Pendiri dan Peneliti SMRC Saiful Mujani menjelaskan bahwa survei itu dilakukan pada Juli 2023 bulan ini. Adapun nama Ganjar kokoh dipercaya publik mampu melanjutkan program Jokowi mengungguli tokoh politik Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Airlangga Hartarto.

Secara rinci temuannya yakni, 40% publik percaya kepada Ganjar Pranowo disusul Prabowo Subianto yang memperoleh 29,7%. Sementara, pada urutan ketiga terdapat Anies Baswedan 15% dan Airlangga sebesar 0,9%.

"Ganjar dinilai sebagai capres yang paling bisa melanjutkan program yang telah dijalankan Pemerintah Presiden Joko Widodo, disusul Prabowo, Anies dan Airlangga," ujar Saiful Mujani dalam paparannya pada 'Efek Jokowi di Pemilihan Presiden 2024' yang ditayangkan pada kanal YouTube SMRC TV, Kamis (3/8/2023).

Tren kepercayaan publik ini tidak berbeda dari dua survei yang dilakukan sebelumnya atau pada bulan April dan Mei 2023. Di sisi lain, Prabowo juga menunjukkan tren positif jika dilihat berdasarkan dua bulan sebelumnya.

"Dari empat nama ini Ganjar Pranowo 40% ini tidak berbeda dengan dua kali survei sebelumnya pada bulan April dan Mei 2023, April itu 44,5% dan Mei itu 36,3%. Pak Prabowo pelan-pelan makin positif, makin besar orang percaya Pak Prabowo bisa melanjutkan program Jokowi," jelasnya.

Dari hasil survei tersebut, dia menilai bahwa opini publik terhadap sosok yang dipercaya melanjutkan program Jokowi masih tersebar. Artinya, tidak ada mayoritas pemilih di antara dua sosok tersebut. "Jadi ini bagi saya 40% dengan 30% menunjukkan penyebaran opini di masyarakat tentang Pak Jokowi mendukung siapa antara Ganjar dan Prabowo," tutupnya.(mir)


0 Komentar