Senin, 02 Oktober 2023 13:46 WIB

Jenaka dan Perubahan, Jokowi Jelaskan Arti Nama Whoosh untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Indonesia resmi mengenalkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan jenama yakni Whoosh dan juga logonya. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Kereta cepat Jakarta Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara. Dengan kecepatan 350 km/jam, dan kereta cepat ini kita namakan Whoosh," kata Jokowi, Senin (2/10/2023). 

Jokowi menjelaskan nama Whoosh terinspirasi dari suara kecepatan dan memiliki singkatan waktu hemat, operasi optimal, sistem hebat (Whoosh). Adapun sebelumnya kepanjangan arti Whoosh yakni waktu hemat, operasi optimal, sistem handal.

"Ini di inspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. Dan singkatan dari Waktu hemat operasi optimal sistem hebat. Sekali lagi W, h, o, o , s h, tapi bacanya whoosh," katanya.

Adapun nama berdasarkan tayangan video yang diunggah Instagram resmi kereta cepat Whoosh yang mewakilkan suara lesatan kereta cepat, identitas visual dirancang secara lugas agar mudah dipahami oleh publik. Konsep dari rancangan ini menerjemahkan suara lesatan sebagai dampak kehadiran kereta cepat terhadap perubahan, percepatan, pertumbuhan, dan pencapaian di berbagai aspek kehidupan, ekonomi, dan budaya pada setiap lapisan masyarakat.

Secara garis besar, konsep ini menggambarkan efek hempasan dari cepatnya laju kereta yang membentuk huruf W sebagai logogram. Selain mewakili nama Whoosh, logogram ini secara langsung menyimbolkan dampak lesatan kereta cepat yang luar biasa di benak publik. 

Hal ini divisualisasikan melalui prinsip desain yang selalu mengaplikasikan bentuk lekukan yang dinamis, struktur yang solid, dan garis yang selalu mengarah ke atas. Lewat pengaplikasian warna yang kontras dan cerah serta penggunaan huruf yang kokoh, ekspresi pada logo membawa karakter energik yang mencerminkan kegesitan, kekuatan, keberanian, ketegasan, dan ketajaman visi ke depan.

Secara keseluruhan, identitas visual ini ingin menyampaikan pesan bahwa kereta cepat akan membawa perubahan yang berdampak positif bagi kemajuan Indonesia.(mir)


0 Komentar