Rabu, 04 Oktober 2023 16:13 WIB

Ford Pecat 330 Pekerja Sekaligus

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Aksi demonstrasi Serikat Pekerja Otomotif Amerika berbuntut panjang. Sebab, Ford langsung memecat 330 pekerja sekaligus.

Aksi demonstrasi Serikat Pekerja Otomotif Amerika atau United Auto Workers (UAW) berbuntut panjang. Autoblog, Rabu (4/10) melaporkan pemecatan tersebut sudah dilakukan pada 30 September 2023 lalu. Sebanyak 330 karyawan yang telah dipecat merupakan tenaga kerja di dua pabrik Ford yakni Chicago Samping Plant dan Lima Engine Plant.

"Menariknya, kedua pabrik tersebut justru tidak jadi bagian dari aksi demonstasi UAW," lapor Autoblog.

Diketahui saat ini komposisi tenaga kerja di pabrik Chicago mencapai 1.290 orang. Pabrik lainnya yang berada di Lima, Ohio, memiliki 1.530 tenaga kerja. Dan Barbossa, juru bicara Ford yang dikutip Detroit Free Press mengatakan kedua pabrik memang tidak jadi bagian aksi demonstrasi.

Hanya saja aksi demonstrasi tersebut berdampak ke fasilitas-fasilitas lain yang dimiliki Ford termasuk dua pabrik di Chicago dan Lima. Menurutnya, setiap pabrik Ford memiliki ketergantungan. Aksi boikot kerja di pabrik Ford lain membuat pabrik lainnya justru mengalami kerugian.

“Strategi demontrasi yang ditargetkan UAW mempunyai efek yang tidak langsung terhadap fasilitas yang tidak secara langsung menjadi sasaran penghentian pekerjaan,” kata Dan Barbossa.

Autoblog mengatakan Ford tidak akan sendirian dalam melakukan pemecatan. Pabrikan mobil Amerika Serikat lainnya, General Motors (GM) juga mengambil kebijakan yang sama.

GM sudah merumahkan 130 tenaga kerja di pabrik mereka di Metal Center, Ohio dan Marion Metal Center, Indiana. Selain GM telah menghentikan sementara waktu pabrik mereka di Fairfax Assembly & Stamping di Kansas City, Missouri. Akibatnya 2.000 orang masih tidak bekerja hinggasekarang.(des)


0 Komentar