Senin, 09 Oktober 2023 12:45 WIB

Sejumlah Satgas TNI-Polri Amankan KTT Forum AIS di Bali

Editor : Yusuf Ibrahim
Operasi Tribrata Agung 2023. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnewscom- Polri dan TNI mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) 10-11 Oktober 2023 di Bali.

Polri mengerahkan Satgas Tindak dalam Operasi Tribrata Agung untuk mengantisipasi kejadian kontijensi untuk pengamanan. Kasatgas Tindak Operasi Tribrata Agung 2023 Brigjen Pol Waris Agono mengatakan, Satgas Tindak bahkan telah melakukan persiapan pengamanan seminggu sebelum penyelenggaraan KTT AIS Forum.

”Kami sudah melakukan persiapan pengamanan ini dari jauh hari, bahkan kami sudah satu minggu lalu sudah melakukan pergeseran sarana prasarana ke sini (Bali) untuk melakukan persiapan,” kata Waris dalam keterangannya, Senin (9/10/2023).

Satgas Tindak bertugas mengantisipasi, menangani dan menindak apabila terjadi peristiwa yang bersifat kontinjensi selama pergelaran KTT AIS Forum 2023. ”Seperti konflik sosial, terorisme, atau kejahatan yang menggunakan senjata api, bahan peledak, bom dan drone yang tidak terdaftar dalam forum antidrone yang sudah disepakati,” ujarnya.

Dalam operasi ini, Polri mengerahkan 842 personel Brimob yang disebar di lima klaster, ditempatkan di titik yang sudah ditentukan. ”Personel di lapangan dilengkapi peralatan yang kami siapkan ada setiap objek. Ada kendaraan trail, ada kendaraan rantis, sampai ada tabel cara bertindak sehingga anggota mengerti,” kata Waris.

Personel juga dibekali dengan aplikasi yang berguna melaporkan situasi di lapangan. Nantinya, jika personel tersebut membutuhkan bantuan tinggal melaporkan ke command center. lalu dari command center akan menggerakkan personel lain yang terdekat untuk membantu.

Beberapa titik yang menjadi perhatian pengamanan yakni bandara, jalur perjalanan para delegasi hingga venue KTT AIS Forum 2023 berlangsung. Selain Satgas Tindak, Operasi Tribrata Agung 2023 juga mengerahkan sejumlah satgas, yakni Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Walrolakir, Satgas Gakkum, Satgas Antiteror, Satgas Humas, dan Satgas Banops.

Sebelumnya bersama dengan TNI, Polri juga menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT Archipelagic Island States (AIS) Forum 2023 dalam rangka pengecekan kesiapan, materil maupun sarana prasarana yang akan digunakan saat pengamanan kegiatan.

Mabes TNI dalam hal ini Kogabpadpam VVIP KTT AIS, mengerahkan 13.290 prajurit TNI yang terdiri dari gabungan tiga matra. Sedangkan Polri melibatkan 4.286 personelnya untuk mengamankan jalannya KTT AIS.(rah)


0 Komentar