Jumat, 20 Oktober 2023 18:42 WIB

Ini Visi Delapan Misi dan Tiga Pondasi Ganjar-Mahfud. Apa Saja?

Editor : Yusuf Ibrahim
Ganjar-Mahfud. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Capres dan cawapres PDIP, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, telah menyerahkan berkas pendaftaran kepada KPU. Salah satu yang diserahkan keduanya kepada KPU adalah buku visi-misi dan program kerja.
 
Yang unik adalah buku visi-misi dan program tersebut bisa di-scan melalui kode QR. Masyarakat pun bisa membaca visi-misi dan program kerja Ganjar-Mahfud melalui kode QR.
 
"Kami akan menyerahkan dokumen visi-misi yang jauh lebih gampang dilihat. Jadi ini ada dokumen tertulisnya dan Pak Mahfud yang akan membawa barcode-nya sehingga siapa pun akan bisa membaca dengan mudah," kata Ganjar, Kamis siang.
 
Berdasarkan dokumen yang telah dilihat dari kode QR, Ganjar dan Mahfud memiliki visi Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari. 
 
Sementara misinya adalah 8 Gerak Cepat Ganjar dan Mahfud.
8 gerak cepat Ganjar dan Mahfud penjabarannya sebagai berikut:
 
1. Mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian;
2. Mempercepat penguasaan sains dan teknologi melalui percepatan riset dan inovasi (R&I) berdikari;
3. Mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah;
4. Mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi;
5. Mempercepat pembangunan sistem digital nasional;
6. Mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru;
7. Mempercepat pelaksanaan demokrasi substantif, penghormatan HAM, supremasi hukum yang berkeadilan, dan keamanan yang profesional;
 
8. Mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara.
 
Untuk mencapai 8 misi itu, Ganjar dan Mahfud memiliki tiga fondasi. Yaitu ketersediaan anggaran yang memadai dengan kualitas belanja yang baik, pemberantasan korupsi yang tegas untuk pemerintah yang bersih dan dipercaya rakyat, dan digitalisasi birokrasi yang mempercepat dan mempermudah layanan publik.(des)

0 Komentar