Selasa, 31 Oktober 2023 18:35 WIB

MoU Antara Lembaga Kajian Nawacita dengan PT Medal Cahaya Bhuana Arta Untuk Pembangunan Desa

Editor : A. Amir
Penandatanganan Kerjasama Antara Lembaga Kajian Nawacita dengan PT Medal Cahaya Bhuana Arta Untuk Pembangunan Desa, bertempat dikantor LKN, Jakarta Selatan, Selasa (31/10/2023).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Lembaga Kajian Nawacita (LKN) sebagai lembaga independen yang memberi solusi kebijakan pembangunan nasional, regional dan daerah. Salah satu visi misinya mengacu pada kemandirian ekonomi, mendorong desa sebagai sentral ekonomi. LKN aktifkan membangun kerjasama dengan berbagai Institusi, Universitas dan perusahaan swasta nasional diantaranya PT Medal Cahaya Bhuana Arta (MCBA) yang diwakilkan langsung oleh CEO-nya DR. HC Muhammmad Khoirul Fatullah. Dalam kerjasama ini ditandatangani memorandum of understanding (MoU) berkaitan dengan pembangunan desa sebagai sentral ekonomi bertempat dikantor LKN, Jl. Iskandarsyah II/ 91, Melawai - Jakarta Selatan, Selasa (31/10/2023).

Dalam sambutan Ketua Umum LKN Ir. Samsul Hadi menyampaikan: "Menyambut baik adanya kerjasama ini dan diharapkan dibangunnya ekonomi kerakyatan desa. Perlu pembangunan yang menyeluruh dan merata, dimulai dari bagaimana menggali potensi yang ada didesa (seluruh nusantara)", ucap Samsul Hadi.

"Perlu dibangun pula SDM (sumber daya manusia) desa, dan (didasari) niat, konsistensi untuk membangun desa, disamping yang sudah dijadikan contoh seperti Subang - Jawa Barat, Rembang - Jawa Tengah dan Lamongan - Jawa Timur. Dan melalui Bimtek (bimbingan teknologi), aparatur desa lebih memahami teritorial desanya." kata Samsul.

Sedangkan CEO PT Medal Cahaya Bhuana Arta, DR. HC Muhammmad Khoirul Fatullah yang akrab disapa Kyai mengatakan: "Masing-masing desa mempunyai nilai dan potensi yang berbeda-beda. Bila ini diberdayakan, akan ada setiap desa punya anggaran $ 5 juta (dollar)", ujar Kyai.

Lebih jauh: "Maka perlu pemetaan awal potensi setiap desa dan menggandeng (melibatkan) universitas-universitas yang ada di Indonesia." harap Kyai.


0 Komentar