Senin, 11 Desember 2023 13:30 WIB

Jokowi Resmikan Stasiun Pompa Air Rp481 Miliar, Kurangi Banjir di 7 Kecamatan Wilayah DKI

Editor : Yusuf Ibrahim
Stasiun Pompa Ancol Sentiong. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong di Jakarta Utara, DKI Jakarta, Senin (11/12/2023). Stasiun pompa air yang menghabiskan anggaran Rp481 miliar itu diklaim akan mengurangi banjir di 7 kecamatan wilayah DKI Jakarta.

"Ini saya kira akan banyak sekali mengurangi daerah-daerah yang biasanya terkena banjir di DKI Jakarta. Dan ini khusus untuk Pompa Sentiong ini akan mengurangi banjir di 7 kecamatan. Tujuh Kecamatan di Pademangan, Senen, Johar Baru, dan lain-lain," kata Jokowi usai meresmikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Senin (11/12/2023).

Menurut Jokowi, Stasiun Pompa Ancol Sentiong sebagai langkah antisipasi banjir yang kini mulai masuk musim hujan. Apalagi, sebelumnya pemerintah telah membangun dua bendungan di hulu Jakarta yakni Bendungan Ciawi dan Sukamahi. "Ini kan sudah musimnya hujan, tapi persiapan kita Jakarta kan sudah dibangun Bendungan Ciawi dan Sukamahi, di atas, di hulu," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan normalisasi Sungai Ciliwung juga terus dilakukan yang kini tinggal 17 kilometer. "Kemudian juga sodetan Ciliwung sudah selesai juga, masuk air dari Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur. Kemudian normalisasi Sungai Ciliwung juga dalam proses, tinggal 17 kilo. Dan yang paling bawah sekarang di Ancol, di Sentiong yaitu Stasiun Pompa Air Sentiong," katanya.

Jokowi memastikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong akan bisa mengurangi banjir kiriman dari Bogor. "Saya sampaikan karena memang dari atas akhirnya juga ke sini, ke Pluit. Tapi ini adalah Pompa terbesar yang sudah dibangun oleh Kementerian PU dan kita harapkan akan sangat-sangat mengurangi banjir yang ada di DKI Jakarta, utamanya di 7 kecamatan," katanya.(fik)


0 Komentar