Kamis, 15 Februari 2024 21:55 WIB

Jokowi Tanggapi Tudingan Kecurangan saat Penghitungan Suara

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi TPS. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi tudingan kecurangan saat penghitungan suara di TPS ataupun dalam memasukkan data hasil suara.

Menurutnya, di TPS sudah ada saksi, Bawaslu, dan aparat keamanan. "Yang pertama, mengenai kecurangan, caleg itu ada saksi di TPS. Partai ada saksi di TPS, capres-cawapres kandidat ada saksi di TPS. Di TPS ada Bawaslu. Aparat juga ada di sana, terbuka untuk diambil gambarnya," kata Jokowi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Dengan adanya pengawasan yang ketat, menurut Jokowi, kecurangan di TPS bisa diantisipasi. "Saya kira, apa, pengawasan yang berlapis-lapis seperti ini akan menghilangkan adanya kecurangan," kata Jokowi.

Meski begitu, Jokowi meminta kepada masyarakat jika menemukan kecurangan agar segera melaporkan ke Bawaslu. Nantinya, kecurangan tersebut bisa disidangkan di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tapi, kalau emang ada betul. Ada mekanismenya untuk ke Bawaslu. Mekanisme nanti persidangan di MK. Nanti saya kira udah diatur semuanya. Jadi janganlah teriak-teriak curang, ada bukti langsung bawa ke Bawaslu, ada bukti bawa ke MK," kata Jokowi.(des)


0 Komentar