Kamis, 27 Juli 2017 14:20 WIB

Besok Ada Lebaran Betawi, Lalin Sekitar Jagakarsa Direkayasa

Editor : Hendrik Simorangkir
Lebaran Betawi di Setu Babakan Jagakarsa. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kawasan Setu Babakan, Jalan Moh. Kahfi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan menjadi tempat digelarnya Lebaran Betawi 28-30 Juli 2017. Maka itu, Dishub DKI akan menggelar rekayasa arus lalu lintas disekitar lokasi.

Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto mengatakan, adanya Lebaran Betawi di kawasan Setu Babakan itu tentu akan membuat jalanan disekitaran menjadi padat. Maka itu, pihaknya melakukan upaya meminimalisir tingkat kemacetan di sekitar lokasi dan untuk memudahkan transportasi dilakukan manajemen Sistem Satu Arah (SSA).

Adapun sistem SSA itu berlaku Sabtu (29/7/2017) dan Minggu (30/7/2017), sejak pukul 06.00-18.00 WIB, yakni pada ruas Jalan Moh. Kahfi II, simpang Jeruk sampai dengan Simpang Wr. Sila.

"Dengan diberlakukan rekayasa lalin SSA dan penempatan ploting petugas di bagi 2 Shift, di bantu tim derek dapat mengurangi kemacetan yang akan terjadi yang mengarah ke Setu Babakan," ujar Christianto, Kamis (27/7/2017).

Menurutnya, pihaknya juga melakukan manajemen parkir dengan membagi kantor parkir di sejumlah tempat, seperti parkir VIP di area Setu Babakan menampung sekitar 50 kendaraan. Di sekitaran Islamic Center, Zona C Setu Babakan, dan di Lapangan Sepakbola Dispora Kebagusan.

"Di tiap kantong parkir itu akan disediakan Shuttle Bus menuju lokasi Setu Babakan dengan menggunakan bus sekolah," katanya.

Ia menuturkan, demi memudahkan masyarakat menuju Setu Babakan dari kantong parkir yang disediakan itu, pihaknya menyediakan Feeder Transjakarta dari Stasiun Pancasila-M Kahfi II hingga Ke Setu Babakan.

Lalu dari Terminal Ragunan-Jalan Saco - Kav. Polri-Jalan Paso-Jalan Jagakarsa- Jalan Jeruk- Jalan Kahfi II hingga Setu Babakan dan sebaliknya. "Ada 10 bus yang disediakan dengan waktu pelayanan pukul 06.00-18.00 WIB, tarif gratis," pungkasnya.

Sedang petugas derek, tambahnya, akan ditempatkan di setiap persimpangan yang rawan macet di sepanjang jalan menuku Setu Babakan. Masyarakat pun dihimbau memghindari ruas Jalan Moh. Kahfi II dan Srengseng Sawah untuk mengurangi terjadinya penumpukan kendaraan.


0 Komentar