Senin, 01 Februari 2016 13:40 WIB

Jabar Tampung Eks-Gafatar

Editor : Hermawan
JAKARTA , Tigapilarnews.com – Jawa Barat siap menampung 297 orang mantan pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal provinsi itu.

Saat ini mereka masih berada di tempat penampungan di Cibubur, Jakarta Timur. “Setelah gelombang pertama ini dipulangkan ke kabupaten/kota, kami siap menampung gelombang kedua. Katanya ada sekitar 297 orang yang akan dikirim ke sini besok (Selasa),” kata kata Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Tatang Subarna, di Kota Cimahi, Senin (1/2/2016).

Pihaknya telah menyiapkan tiga balai di Gedung Dinas Sosial Jawa Barat yakni Balai Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (BPSBR), Balai Besar Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial (BBPPKS), dan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (BRSPD).

"Tiga balai itu daya tampungnya bisa untuk 300 orang. Dan gelombang kedua ini akan dibina di kami sekitar lima hingga tujuh hari," kata dia.

Dinsos Jabar telah mempersiapkan sejumlah langkah. “Apa saja yang disiapkan, ya sesuai tupoksi dinsos kita memberikan perlindungan dan pelayanan dasar mereka kebutuhan dasar terpenuhi di samping pembinaan mental spiritual, wawasan kebangsaan," kata dia.

Hari ini Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat memulangkan 195 orang warga Jawa Barat yang menjadi korban atau mantan pengikut Gafatar asal Jawa Barat ke kabupaten/kota masing-masing.

"Jadi mekanisme pemulangannya tidak langsung kepada keluarganya tapi diserahkan dari kami kepada dinsos kabupaten/kota dulu untuk kemudian ditindaklanjuti oleh kabupaten/kota," kata Tatang Subarna.

Dalam proses pemulangan tersebut Sekretaris Umum MUI Jawa Barat Rafani Achyar membimbing warga korban Gafatar mengucapkan dua kalimat syahadat di Aula Balai Rehabilitasi Sosial Bina Remaja Gedung Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Kota Cimahi.
0 Komentar