Kamis, 17 Maret 2016 12:51 WIB

Kantor Imigrasi Jakbar Pantau WNA Dalam Rangka MEA

Editor : Hermawan
Laporan: Yanti Marbun

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Barat membuka kantor sekretariat TIM PORA untuk mengawasi arus lalu lintas warga negara asing (WNA) yang keluar dan masuk Indonesia.

Peresmian kantor ini bertempat di Hotel Fave, Jalan Kembang Abadi Raya Blok A1, Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Kamis (17/3/2016) pagi.

Pembukaan sekretariat TIM PORA ini dalam rangka untuk mengawasi WNA yang lalu lalang masuk Indonesia dalam rangka pemberlakukan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) awal tahun ini.

Pondang Tambunan, Ketua TIM PORA Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Barat menuturkan bahwa TIM PORA akan lebih diefektifkan. TIM PORA di Kantor Imigrasi Kelas 1 khususnya Jakarta Barat sudah ada sejak tahun lalu, tapi belum memiliki ruang sekertariat. Untuk itu, dibuka kantor sekertariat yang berada di lantai 1 kantor Imigrasi Kelas 1 tersebut.

"Sekertariat ini dibentuk sebagai wadah bagi semua tim untuk berkoordinasi dan tukar informasi sesama tim. Keberadaan sekertariat TIM PORA memberikan kenyamanan terhadap masyarakat maupun keamanan negara dengan datangnya WNA ke Jakarta khususnya wilayah Jakarta Barat," jelas Pondang.

Pondang menambahkan bahwa TIM PORA akan bekerja sama dengan instansi-instansi lain seperti Pemkot Jakarta Barat, yaitu Disnaker, Kesbangpol, Diskes, Disdukcapil, Polres Jakarta Barat,  Kejaksaan Negeri, Kodim, BIN, dan BNNP guna menjaga dan mengawasi pergerakan aktivitas orang asing yang masuk ke Indonesia.

"Sekitar 169 negara bebas Visa ke indonesia jadi perlu kewaspadaan, tim kami akan melakukan penindakan tegas bagi orang asing yang melakukan pelanggaran hukum," pungkas Pondang.

 
0 Komentar