Minggu, 17 Juli 2016 13:18 WIB

Kerak Telor Jadi Kuliner Terfavorit di Jakarta Fair

Editor : Yusuf Ibrahim

Laporan Ryan Suryadi


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Selain bisa puas berbelanja dengan beragam produk unggulan yang dipamerkan, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai aneka kuliner khas nusantara di Jakarta Fair Kemayoran.


Setelah lelah seharian berbelanja, pengunjung bisa sedikit bersantai sambil menikmati aneka santapan dengan harga yang terjangkau. Mulai dari makanan khas Betawi hingga berbagai makanan dari luar kota lainnya.


Salah satu yang tidak pernah absen di Jakarta Fair, tentunya adalah kerak telor. Makanan asli dari Betawi yang dibuat dari beras ketan putih, telur, ebi dan sejumlah rempah-rempah lainnya ini memang begitu melekat dengan Jakarta Fair.


Misalnya saja, seperti yang diungkapkan salah satu pengunjung, Fikri (24). Ia menuturkan, kerak telor sudah seperti mejadi ciri khas gelaran ini.


"Kalau di hari-hari biasa, kayanya pedagang kerak telor tuh tidak ada. Tapi kalau lagi ada Jakarta Fair, kerak telor seperti ada dimana-mana. Sudah seperti menjadi ciri khas," ujar Fikri.


Hal serupa juga disampaikan oleh pengunjung lainnya, Andre (29). Saat ditanyai tentang kuliner apa yang paling diingat dari gelaran Jakarta Fair setiap tahunnya, dirinya pun menjawab kerak telor.


Menurutnya, setiap tahun dirinya sekeluarga berkunjung ke Jakarta Fair, setidaknya mencicipi kerak telor setidaknya satu kali. "Setiap tahun pasti saja selalu ada niatan untuk beli, setidaknya sekali. Mungkin karena kangen juga kali ya. Karena tidak setiap hari juga bisa makan kerak telor," tuturnya.


Sejumlah pedagang kerak telor ini bisa ditemui di area Kampung Betawi maupun area open space yang dekat dengan Hall E. 


"Kerak telor ini kita jual dengan harga yang terjangkau yaitu seharga Rp 20 ribu untuk telur ayam, dan Rp 25 ribu untuk telur bebek," ujar Opik (41) salah seorang pedagang kerak telor di Jakarta Fair.


Selain kerak telor, tentunya masih banyak lagi makanan-makanan khas betawi yang bisa ditemui di Jakarta Fair KemayoranBeberapa di antaranya seperti laksa betawi, toge goreng, gado-gado betawi, es selendang mayang, dodol betawi, hingga bir pletok untuk penyegar dahaga para pengunjung.


Selain itu, Jakarta Fair juga tak hanya menawarkan kuliner betawi saja. Terdapat banyak makanan lainnya yang berasal dari berbagai belahan daerah. Seperti makanan daerah seperti Sate Padang, Mie Aceh rebus maupun goreng hingga roti cane. Makanan-makanan ini pun dijual dengan harga yang terjangkau.


Ada juga Ayam Kremes Baraya yang letaknya tak jauh dari sana. Stand ini menyediakan sejumlah makanan berat seperti ayam kremes, tahu kremes, tempe kremes, chicken wings dan masih banyak lagi. Berbagai kuliner ini bisa ditemui di area open space yang dekat dengan Hall D.


Selain itu juga ada yang menawarkan berbagai makanan nusantara. Hal ini sesuai dengan tagline mereka "Jelajah Kuliner Indonesia". Adapun berbagai makanan yang mereka tawarkan antara lain seperti Nasi Goreng Teri Balado Hijau, Nasi Ulam Betawi, Nasi Lengko Cirebon, Nasi Dendeng Batokok Minang dan masih banyak lagi.(exe/ist)


0 Komentar