Minggu, 31 Juli 2016 09:53 WIB

Sinar Mas Land Gelar Festival Hijau 2016

Editor : Yusuf Ibrahim

Laporan Hendrik Simorangkir


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk, menggelar Festival Hijau ke-13, guna memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.


Hal tersebut, sekaligus menjadi salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land. Kampanye dan gerakan cinta lingkungan yang menjadi agenda tahunan ini, diselenggarakan di Botanical Park, BSD City, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu, 30 Juli 2016, dengan mengusung tema Let Them Grow, Let Them Live.


Festival Hijau SML ke-13, mengajak ratusan siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, untuk berpartispasi menanam pohon di areal Botanical Park. Rencananya, istri Bupati Tangerang, Yuli Zaki Iskandar, hadir dalam acara ini, sebagai Bunda PAUD Kabupaten Tangerang.


Selain nama tersebut, Festival Hijau SML ke-13, akan dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang Hadisa Masyhur, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid, Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Tangerang, Intan Nurul Hikmah Ismet Iskandar, Pimpinan Kodiklat TNI Serpong, serta sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan komunitas lingkungan hidup.

Botanical Park adalah Taman Kota ketiga yang dikembangkan oleh SML dilahan seluas 4,4 hektar. Sebelumnya, SML telah mengembangkan Taman Kota I seluas 2,5 hektar dan Taman Kota II seluas 9 hektar.

Direktur PT BSD Tbk, Syukur Lawigena, mengatakan tema Festival Hijau SML 2016 dipilih mengingat telah banyak upaya cinta lingkungan dilakukan berbagai pihak dalam bentuk penanaman pohon di taman-taman, fasilitas umum, atau lahan-lahan kosong.


Namun, upaya tersebut berhenti sebatas menanam dan sekadar seremonial semata. Kita tidak lagi memperhatikan apakah pohon tersebut bisa tumbuh atau bisa hidup di masa selanjutnya.


Karena itu, melalui Festival Hijau SML 2016, kami mengajak agar setiap pribadi yang terlibat dalam upaya penanaman pohon, juga bertanggung jawab atas tumbuhnya setiap pohon, hingga nantinya pohon atau tanaman tersebut dapat hidup dan menarik aneka satwa untuk singgah, menetap, dan beranak pinak.


Festival Hijau 2016 fokus pada aktivitas yang mengintegrasikan antara kegiatan lingkungan, pelestarian flora dan fauna, serta layanan kesehatan kepada masyarakat di sekitar BSD City. "Bentuk kegiatannya adalah sepeda santai, senam kesehatan, penanaman dan pembagian bibit pohon, pameran lingkungan dan satwa, workshop composting, uji emisi, pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk masyarakat di sekitar BSD City, serta kampanye melalui seni dan musik oleh duta lingkungan," ujarnya.


Festival Hijau SML ke-13 melibatkan komunitas masyarakat bidang lingkungan di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, serta bersinergi dengan sejumlah sister company Sinar Mas Group seperti Smartfren dan Eka Hospital, dan bekerja sama dengan Yayasan Tzu Chi Sinar Mas.


Kampanye lingkungan tahunan ini melibatkan 100 anak usia dini yang tergabung dalam Himpaudi Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Mereka akan didorong menjadi menjadi pionir lingkungan hidup dengan ikut menanam  100 bibit pohon bersama pimpinan daerah, pimpinan Sinar Mas Land, serta tokoh masyarakat dan aktivis lingkungan.


Upaya cinta lingkungan harus dimulai dari usia kanak-kanak dengan mengajari mereka untuk mencintai lingkungan hingga akhirnya akan menjadi kebiasaan baik sampai dewasa. Festival Hijau yang diselenggarakan oleh Sinar Mas Land, telah beberapa kali melibatkan anak-anak dalam gerakan cinta lingkungan.


"Seluruh lapisan masyarakat, dimulai dari anak-anak diharapkan dapat ikut belajar mencintai lingkungan sekitar sehingga pada saat mereka besar nanti, kebiasaan mencintai lingkungan sudah terbentuk dalam kepribadian mereka," tegas Syukur.


Anak-anak PAUD juga akan diedukasi untuk mengenal pupuk dan cara tanam. Selain itu akan diadakan juga pameran lingkungan oleh sejumlah komunitas yang akan menampilkan berbagai kegiatan cinta ingkungan, flora dan fauna. Dan sebagai wujud teringegrasinya lingkungan bersih dan sehat, bersama Tzu Chi Sinar Mas, akan diselenggarakan  senam kesehatan, serta pemeriksaan dan pengobatan gratis pada masyarakat sekitar.(exe/ist)


0 Komentar