Rabu, 31 Agustus 2016 20:59 WIB

Bahas Pengamanan Pemilu, Bupati Tangerang Gelar Rakor

Editor : Danang Fajar
Laporan : Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar, gelar rapat koordinasi dengan Forkominda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Tangerang, yang digelar di Pendopo Bupati Tangerang.

Yang menjadi fokus pembahasan rapat koordinasi tersebut adalah persiapan pemilihan kepala daerah Provinsi Banten dan masalah ketenagakerjaan ekspatriat (pekerja asing).

Zaki mengatakan, pembahasan rapat koordinasi kali ini adalah mengenai perisiapan Pemilukada (Pemilihan umum kepala daerah) Provinsi Banten, khususnya masalah pengamanan pemilu, kerawanan konflik, serta kesiapan KPUD Kabupaten Tangerang dalam pesta demokrasi terbesar se Provinsi Banten tersebut. Selain mengangkat isu Pemilukada rapat koordinasi tersebut juga membahas masalah antisipasi melonjaknya tenaga kerja asing masuk ke wilayah Kab. Tangerang.

"Semuanya sudah kita siapkan mengenai tahapan-tahapan pemilukada Banten tentunya penataan, verifikasi sedang terus berjalan, mudah-mudahan para pejabat di Kecamatan bisa membantu KPUD untuk mempercepat verifikasi, kemudian tahapan-tahapan berikutnya tentu kita akan selalu komunikasi dan berkoordinasi dengan KPUD mengenai kesiapan selanjutnya," ujar Zaki, Rabu (31/8/2016) sore.

Sementara, Ketua KPUD Kabupaten Tangerang, Akhmad Jamaludin mengungkapkan, Tahapan pelaksanaan pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2016 telah dibentuk PPK, PPS, dan KPPS terhitung dari 21 Juni 2016 dan 90% dari anggotanya adalah orang-orang baru. Daftar penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) akan kembali dihitung untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada mendatang. Cara yang akan digunakan oleh KPUD salah satunya adalah door to door dan mereka berharap bantuan dari para camat untuk mempermudah penghitungan dan pendataan daftar pemilih.

"Kami berharap partisipasi masyarakat kembali melonjak dalam pemilihan kali ini dan bantuan dari para camat kami perlukan untuk mempermudah penghitungan daftar pemilih yang ada di Kabupaten Tangerang," papar Jamaludin.

Beberapa syarat yang telah tercantum untuk para calon wajib untuk diikuti oleh para calon itu sendiri. Mulai dari calon Independent (peseorangan) hingga calon yang didukung oleh partai politik.
0 Komentar