Rabu, 07 September 2016 15:38 WIB

Kehadiran Komjen BG Akan Bawa BIN Setara dengan Lembaga Intelijen Dunia

Editor : Hermawan
Laporan: Yanti Marbun

JAKARTA, Tigapilarnews.comĀ - Pencalonan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kepala Badan Intelenjen Negara (BIN) telah menjalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di DPR.

Pembinan Utama Muda Pusdiklat BIN, Witler Slamet Slitonga menjelaskan bukan persoalan yang harus diperdebatkan tentang siapa kepala BIN.

Apakah dari kalangan sipil, militer atau kepolisian. Tetapi, berbicara bagaimana BIN ke depan menjalankan fungsinya sebagai alat negara.

Segudang pengalaman dikalangan kepolisian dan kepolitikan, dari segi intelektual Komjen BG cukup menjadi kepala BIN.

"Kami memiliki keyakinan bahwa Komjen BG mampu melaksankan perubahan tersebut di tubuh BIN," tutur Witler saat diskusi yang bertajuk 'BIN Dalam Bingkai Nawacita: Kenapa Wewenang BIN Harus Diperluas?', di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2016).

Menurut Witler, pangkat Bintang Tiga di pundak Komjen BG setara dengan seorang profesor dalam spesifikasi keilmuannya.

Sehingga dengan segala keahliannya nanti BIN di bawah kepemimpinan Komjen BG akan setara dengan lembaga intelijen lain yang ada di seluruh dunia.

"Kami sebagai insan intelijen sangat yakin bahwa Komjen BG secara profesional dan memiliki intelektual yang tinggi akan mampu menjadikan BIN setara dengan lembaga intelejen dunia lainnya," pungkasnya.

 
0 Komentar