Minggu, 06 November 2016 13:32 WIB

WN Ceko Jadi Gelandangan di Jakarta, Mensos Akan Koordinasi dengan Kemenlu

Editor : Rajaman
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Ceko menjadi gelandangan di Jakarta.

Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawangsah mengaku belum mendengar soal gelandangan asal Ceko tersebut.

Namun, Khofifah menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menanggulangi banyaknya gelandangan asal luar negeri yang berkeliaran di Indonesia.

Hal ini dilakukan, karena tugas dari Kemensos hanya memberi perlindungan pada Warga Negara Indonesia. Untuk itu, ia berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), dan pihak lainnya.

"Misal ada anak-anak dari salah satu negara, IOM (Organisasi Internasional Untuk Migrasi) menyampaikan itu kepada kemensos, jadi kemanusiaan Kemensos akan memberikan perlindungan. Saya sudah ketemu beberapa dari mereka. kami koordinasikan dengan Kemlu," jelas Khofifah, kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2016).

Meski begitu, Kemensos tetap akan memberikan perlindungan terhadap WNA yang terlantar. Setelah bekerja sama dengan IOM dan Kemlu akan dipulangkan ke negaranya.

"Mereka yang ada perlindungan kemensos sampai kembali ke daerahnya, kalau luar negri itu bersama IOM, sering kok kita kerja sama. karena tidak hanya kasus itu," ujar Khofifah.

Sebelumnya, seorang WNA asal Ceko berkeliaran di Jalan Gatot Subroto. Ia digaruk petugas dan tengah ditangani petugas PSBI (Panti Sosial Bina Insan) Kedoya, Jakarta Barat.
0 Komentar