Minggu, 04 Desember 2016 13:39 WIB

Setahun di Panti Sosial, Daniel Kembali ke Pelukan Keluarga

Editor : Danang Fajar
Laporan : Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Daniel (27) Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) yang berada di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa milik Dinas Sosial DKI Jakarta ini bisa kembali bertemu keluarga.

Sebelumnya Daniel pernah diberikan pelayanan sosial selama satu tahun akhirnya bisa pulang ke rumah.

"Oktober 2015 yang lalu kami terima Daniel dari Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Cengkareng. Ia ditemukan di jalanan dengan kondisi perilaku yang agresif, tidak komunikatif, dan membutuhkan pengawasan secara komprehensif," ungkap Tuti Sulistyaningsih Kepala Panti Sosial Bina Larah Harapan Sentosa 2, saat dihubungi Minggu (4/12/2016).

Tuti juga mengemukakan awalnya saat petugas melakukan pendampingan untuk identifikasi & asesmen, pihaknya mengalami kesulitan. Maka dari itu pihaknya merujuk Daniel untuk dirawat di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit.

"Setelah sebulan lebih dilakukan perawatan secara medis oleh RSKD, hanya sedikit perubahan perilaku. Daniel tetap tidak bisa dilakukan identifikasi dan tidak komunikatif," ujar Tuti.

Meskipun begitu, petugas pendamping tetap berupaya menggali latar belakang permasalahan Daniel. Karena proses identifikasi dan asesmen perlu dilakukan untuk mengetahui latar belakang permasalahan yang dialami Daniel.

"Itu membantu petugas kami untuk mendukung kepulihan Daniel. Di samping itu, kami juga bisa mengetahui asal Daniel dan keberadaan keluarganya. Kami ingin dia berada di tengah-tengah keluarga karena perawatan terbaik adalah keluarga," kata Tuti.

Saat dilakukan konseling, Daniel hanya menyebutkan nama bapak Ucok dan Ibu Caterina. Petugas menduga itu merupakan salah satu nama keluarganya.

Karena hanya informasi itu yang didapatkan, pihaknya berupaya manfaatkan media sosial seperti twitter, instragram, dan facebook.

"Setelah dua hari dilakukan penyebaran informasi melalui media sosial, anggota keluarganya pun ditemukan. Mereka segera merespon dan menghubungi kami," imbuh Tuti.

Keluarga mengaku sudah setahun lebih kehilangan Daniel. Sudah lama mereka mencarinya ke mana-mana. Mereka pun senang karena Daniel sehat dan terawat selama di panti.

"Kami juga mempersilakan bagi masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya untuk mengecek keberadaan mereka di panti-panti milik Dinas Sosial DKI Jakarta. Karena kemungkinan mereka tersesat di jalan dan dibawa ke panti sosial," tandas Tuti.
0 Komentar