Senin, 05 Desember 2016 11:43 WIB

Cegah Longsor, 300 Pohon Ditanam di Hutan Kota Pondok Labu

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan menanam sebanyak 300 pohon besar di terasering Hutan Kota Pondok Labu, tepatnya yang berdampingan dengan saluran penghubung (PHB) Pinang Kali Jati, Jalan Melati, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

300 pohon itu terdiri dari 50 pohon sirsak, 50 pohon jambu air, dan sisanya pohon petai, bintaro, mangga, belimbing, dan rambutan.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Kristrisasi Helenandari menjelaskan keberadaan pohon ini berfungsi sebagai penahan longsor. Mengingat tebing Hutan Kota Pondok Labu ini pernah mengalami longsor Agustus 2016.

Sebanyak 300 pohon itu ditanam di terasering sepanjang 75 meter yang terdiri dari tiga tingkat.

"Semua pohon keras dengan harapan akar tunjangnya akan menghunjam dalam ke tanah dan mencegah longsor. Akarnya juga berfungsi menyimpan air di dalam tanah," jelas Kristrisasi, Senin (5/11/2016).

Kristrisasi mengatakan, apabila pohon sudah tumbuh besar dan rimbun pihaknya akan menanam tanaman sela. Keseluruhan pohon dan tanaman tersebut akan dikelola oleh Penanggungjawab Hutan Kota Pondok Labu.

Beberapa tanaman yang direkomendasikan, di antaranya: terong, cabai, dan jenis sayuran lainya.

"Banyak tanaman lainnya juga kayak cabai, tomat, trus sayuran seperti bayam, sawi, dan sebagainya. Okra juga sedang laku sebagai sayuran yang berfungsi juga sebagai obat," pungkasnya. (ist)

 
0 Komentar