Selasa, 03 Januari 2017 20:30 WIB

2017, Anggaran Pendidikan DKI Lebih Tinggi dari Nasional

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Nilai alokasi anggaran untuk pendidikan di ibukota mencapai 27 persen dari total APBD DKI 2017 sebesar Rp 70,19 triliun.

Persentase tersebut lebih tinggi dari alokasi dana pendidikan secara nasional.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono menjelaskan, target alokasi anggaran untuk pendidikan di tingkat nasional hanya 20 persen. Sementara, Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan hingga 27 persen.

"Artinya, untuk pendidikan, DKI sudah di atas target nasional hingga tujuh persen. Karena kan kami sudah mencapai 27 persen," jelas Soni, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (3/1).

Alokasi tersebut di antaranya untuk gaji guru, renovasi gedung sekolah, Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) serta Kartu Jakarta Pintar (KJP). Terlebih, mulai tahun ini penerimaan KJP diperluas hingga tingkat perguruan tinggi.

Soni menuturkan, selain pendidikan, alokasi anggaran untuk kesehatan di DKI juga melebihi target nasional. Target nasional untuk kesehatan hanya 10 persen, sementara DKI mencapai 13 persen dari total APBD DKI 2017.

Dalam APBD DKI 2017, soal infrastruktur difokuskan pada tiga hal, yaitu transportasi, kebersihan, dan pengendalian banjir.

Soni mengatakan, APBD DKI 2017 sudah bisa digunakan sejak 1 Januari lalu. APBD DKI 2017 disahkan sejak tanggal 19 Desember 2016.

Kemudian hasil evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga sudah rampung satu pekan setelah itu. (ist)

 
0 Komentar