Selasa, 10 Januari 2017 14:35 WIB

Harga Cabai Rawit di Jakarta Utara Tembus Rp 150 Ribu

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hermawan
Pedagang Pasar Rawa Badak, (Dok/Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kenaikan harga cabai rawit di wilayah JakartA kian merata. Salah satunya di Pasar Rawa Badak Jakarta Utara dengan harga cabai merah mencapai 150 ribu/kg.

H. Halimah (55) salah satu pedagang di lantai dasar mengatakan saat ini harga cabai rawit sudah menembus angka Rp 140 ribu/kg, bahkan di beberap lapak kecil ada yang menjual hingga Rp 150 ribu/kg.

"Kondisi ini membuat kita juga mengurangi pengambilan cabai rawit dari pasar induk Kramat Djati, soalnya dari sananya harganya juga sudah mahal takut gak laku," ujar Halimah, Selasa (10/1/2017).

Ia mengungkapkan selama puluhan tahun berjualan di pasar tersebut kondisi kenaikan harga cabai rawit yang paling parah justru terjadi menjelang awal tahun 2017 dimana pasokan semakin tidak terkendali.

"Saya juga heran kenapa harganya jadi tidak terkendali seperti ini, kalau dari agen di Pasar Induk bilangnya ada beberapa penyebab misalnya petani gagal panen, stok cabai kosong, dan kondisi jalan yang macet," kata Halimah heran.

Sementara itu, Ana (63) salah satu pembeli cabai rawit mengaku kesulitan dengan kenaikan harga cabai merah. 

"Ini harganya makin gak masuk akal, masak cabai rawit yang biasa hanya Rp 50 ribu/kg sekarang tiga kali lipatnya," kata Ana.

Ia berharap agar pemerintah segera menstabilkan pasokan cabai tersebut agar harganya turun dan kembali normal seperti sediakala.

"Sekarang apa-apa naik, listrik naik, BBM non-subsidi juga naik, cuman gaji pensiunan dari suami aja yang gak naik-naik," tandasnya.