Jumat, 13 Januari 2017 17:38 WIB

2016, Inflasi DKI Terendah dalam Lima Tahun Terakhir

Editor : Hermawan
Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, Sri Haryati.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Nilai inflasi DKI Jakarta tahun 2016 menjadi yang terendah dalam lima tahun terakhir. Tercatat, selama 2016, nilai inflasi hanya sebesar 2,37 persen.

Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, Sri Haryati mengatakan, terjaganya inflasi DKI ini tidak lepas dari peran serta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

"Inflasi DKI tahun 2016 mencapai 2,37 persen dan merupakan yang terendah sepanjang lima tahun," kata Sri, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Tercatat, inflasi pada tahun 2012 mencapai 4,52 persen, tahun 2013 mencapai delapan persen, tahun 2014 mencapai 8,95 persen serta pada tahun 2015 mencapai 3,3 persen.

"Bahkan nilai inflasi tahun lalu lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi nasional," ucapnya.

Sri menambahkan, terkendalinya inflasi ini juga merupakan dampak dari ditingkatkannya sinergitas antar BUMD bidang pangan.

BUMD tersebut, yaitu PD Pasar jaya, PD Dharma Jaya, dan PT Food Station Tjipinang Jaya.

"Di samping juga relatif terbatasnya tingkat permintaan masyarakat yang disebabkan aktivitas perekonomian yang menurun," ujarnya.

Untuk bisa menjaga pencapaian ini, pihaknya akan terus meningkatkan sinergitas antar instansi yang telah dilakukan dibawah TPID.

Pihaknya akan meningkatkan koordinasi dengan daerah distributor untuk menjaga pasokan yang masuk ke Ibukota.

"Kami akan tingkatkan kerjasama antar daerah dalam rangka pemenuhan kebutuhan pasokan pangan," tandasnya. (ist)