Rabu, 18 Januari 2017 15:57 WIB

Jelang Imlek, Klenteng Tertua di Tangerang Berbenah

Reporter : Hendrik Simorangkir Editor : Hermawan
Klenteng Boen San Bio di Jalan KS Tubun No.43, Pasar Baru, Kota Tangerang, mulai berbenah menjelang Imlek.

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Menjelang tahun baru Imlek 2568, Klenteng Boen San Bio di Jalan KS Tubun No.43, Pasar Baru, Kota Tangerang, mulai berbenah. 

Klenteng yang pertama kali dibangun pada tahun 1689 oleh seorang pedagang Cina bernama Lim Tau Koen itu, sudah beberapa kali mengalami renovasi.

Klenteng Boen San Bio berdiri di atas tanah seluas 1.650 m2, dengan memiliki ciri berbentuk empat persegi panjang. 

Di balik pagar yang tingginya tidak sampai dua meter tersebut, ternyata tengah ada kesibukan lain.

Beberapa pria dan wanita terlihat sedang melakukan bersih-bersih. Ada pula yang tengah memandikan patung-patung, untuk merayakan di tahun Ayam Api kali ini. 

Sinar, salah satu pengurus Klenteng Boen San Bio, terlihat sangat begitu seksama membersihkan satu demi satu Rupang Dewa yang telah berjejer di atas meja teras klenteng. 

Kegiatan bersih-bersih tersebut ternyata telah dilakukan Sinar setiap tahunnya. Tak hanya membersihkan seluruh isi dan ruangan klenteng, Sinar bersama pengurus lainnya juga melakukan persiapan dengan memasang pernak-pernik Imlek, seperti lilin dan lampion. 

"Memang sudah menjadi rutinitas kami melakukan bersih-bersih tiap tahun menjelang Imlek. Kegiatan ini dilakukan, agar 2.500 lebih warga keturunan Tionghoa yang sering datang kemari saat perayaan, agar lebih khusyuk menjalankan ritualnya," ujar Sinar, Rabu (18/1/2017). 

Sinar pun berharap pada Imlek tahun 2017, agar seluruh warga Indonesia mendapatkan berkah dan diberikan kesuksesan.

"Semoga warga Indonesia juga selalu diberi kerukunan antar umat manusia di tengah perbedaan yang tengah sedang gencar-gencarnya," pungkasnya.