Minggu, 22 Januari 2017 14:56 WIB

Sepekan Jelang Imlek, Warga Tionghoa Bekasi Bersihkan Klenteng Hok Lay Kiong

Reporter : Rachmat Kurnia Editor : Hermawan
Klenteng Hok Lay Kiong di Jalan Kenari 1, Margahayu, Bekasi Timur.

BEKASI,Tigapilarnews.com – Sepekan jelang Imlek, warga Tionghoa Kota Bekasi membersihkan Klenteng Hok Lay Kiong di Jalan Kenari 1, Margahayu, Bekasi Timur, Minggu (22/1/2017).

Mereka juga memasang pernak-pernik khas Imlek seperti lampion, dan lilin. Selain itu, sejumlah patung Dewa dan Dewi mulai dimandikan dan diganti pakaiannya.

"Imlek memang masih seminggu lagi, tapi dari sekarang kami sudah mempersiapkan. Kami mulai bersih-bersih, dan memasang pernak-pernik Imlek, serta mengganti pakaian pantung yang ada di Klenteng Hoj Lai Kiong ini," ujar Ketua Yayasan Panacara Tridarma, Roni Hermawan, Minggu (221/2017).

Roni mengatakan jika tradisi di Klenteng Hok Lai Kiong untuk memandikan patung Dewa Dewi dibagi dalam dua tahap pembersihan.

" Di klenteng ini ada 100 patung Dewa Dewi yang dimandikan. Proses memandikan ada dua tahap. Yaitu, pertama dibersihkan dengan sabun setelah itu dibersihkan dengan air bunga dan wewangian. Tidak hanya itu, klenteng juga akan dipasang empat ratus lilin dan 300 lampion untuk memeriahkan Imlek," ungkap Roni.

Roni berharap Imlek pada tahun ini dapat membawa kedamaian dan berkah bagi setiap warga Kota Bekasi maupun Indonesia.

"Harapannya semoga ekonomi semakin meningkat tentunya, tidak ada bencana lagi serta kerukunan antar umat beragama di Kota Bekasi maupun Indonesia bisa lebih baik lagi," pungkas Roni.