Selasa, 31 Januari 2017 20:16 WIB

Pasien BPJS RSUD Pasar Minggu Dapat Pelayanan Khusus

Editor : Hermawan
RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (31/1/2017). ist

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kualitas dan kecepatan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terus ditingkatkan.

Bahkan untuk pasien yang sebelumnya terdaftar menggunakan jaminan kesehatan BPJS pun, mendapatkan pelayanan khusus.

"Khusus pasien BPJS Kesehatan yang lama atau telah terdaftar sebelumnya, tidak perlu lama lagi proses administrasinya. Hanya butuh waktu sekitar 15 detik, pasien akan langsung terdeteksi datanya dan cepat dilayani. Sedangkan pasien BPJS baru, saat berobat harus membawa surat rujukan dari puskesmas," ujar Caroline Sulaksito, Direktur RSUD Pasar Minggu, Selasa (31/1/2017).

Meskipun baru beroperasi sekitar satu tahun, namun pasien yang datang untuk mendapatkan pelayanan di RSUD Pasar Minggu setiap harinya bisa mencapai 1.000 orang, dan 80 persennya merupakan pasien dengan BPJS.

Sistem yang diterapkannya pun sudah sangat modern. Dari pendaftaran hingga rekam medis pasien menggunakan sistem online.

"Pelayanan yang kami berikan harus melebihi yang ada di rumah sakit swasta. Makanya, kami kembangkan pelayanan semaksimal mungkin," jelas Caroline.

Dikatakan Caroline, rata-rata jumlah pasien terbanyak adalah rehabilitasi medik untuk masyarakat yang telah lanjut usia.

Biasanya penyakit yang diderita pasien lansia ini adalah penyakit dalam seperti jantung, saraf dan penyakit dalam lainnya.

RSUD Pasar Minggu ini memiliki 460 tempat tidur untuk rawat inap. Di rumah sakit ini juga tersedia 23 poliklinik, baik yang melayani umum maupun spesialis. Jam besuk bagi pasien rawat inap ini setiap hari dari pukul 17.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Sukma (35), salah soerang keluarga pasien mengaku merasa nyaman saat membawa orangtuanya berobat di rumah sakit ini. Walau harus cuci darah dan masuk ICU, dia tidak dipungut biaya sepeser pun.

"Di sini perawatnya tidak ada yang jutek, dokternya juga ramah. Kami jadi merasa nyaman dan merasa sangat dihargai di sini," ujar Sukma. (ist)