Rabu, 01 Februari 2017 10:41 WIB

RSUD Pasar Minggu Terbitkan 671 Akta Kelahiran

Editor : Hermawan
Direktur Utama RSUD Pasar Minggu, Caroline Sulaksito. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com – RSUD Pasar Minggu bersama Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan tercatat telah menerbitkan 671 akta lahir bagi bayi yang lahir di rumah sakit setempat sejak 2016.

Direktur Utama RSUD Pasar Minggu, Caroline Sulaksito menjelaskan  pelayanan akta lahir ini diberikan gratis bagi warga asli DKI yang menjalani proses persalinan.

“Setiap bayi yang lahir di sini langsung dibuatkan akta lahir. Tapi khusus bagi yang orang tuanya ber-KTP DKI," katanya, Rabu (1/2/2017).

Ia menjelaskan, data bayi yang baru lahir di RSUD ini langsung dikirim ke Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan. Setelah itu, akta lahir dicetak petugas kemudian diberikan saat bayi keluar dari rumah sakit.

"Petugas Dukcapil juga ada yang standby di rumah sakit ini untuk mengurus pembuatan akta lahir," sambungnya.

Menurut Caroline, berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, selama 2016, terhitung sudah ada 575 akta lahir yang diterbitkan dan diberikan kepada pasien. Sementara pada periode Januari 2017, tercatat ada 96 akta lahir yang diterbitkan.

"Sejak tahun lalu sampai Januari, totalnya ada 671 akta lahir yang sudah ditertibkan dari rumah sakit ini," tandasnya. (ist)