Kamis, 09 Februari 2017 10:51 WIB

FITRA Ajak Masyarakat Kawal Seleksi Dewan Komisioner OJK

Reporter : Bili Achmad Editor : Hendrik Simorangkir
FITRA mengajak masyarakat untuk kawal proses seleksi tujuh anggota Dewan Komisioner OJK periode 2017-2022. (Foto: Bili Achmad)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Jelang seleksi tujuh anggota Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) mengajak masyarakat ikut mengawal proses yang tengah berlangsung.

Manager Advokasi dan Investigasi FITRA, Apung Widadi mengatakan, profesionalisme DK sangatlah penting mengingat OJK sebagai pengawal stabilitas ekonomi yang memiliki tugas berat untuk memastikan sistem keuangan nasional tahan dari ancaman krisis ekonomi.

"Publik perlu mengawal proses seleksi tujuh anggota Dewan Komisioner OJK periode 2017-2022 yang kini tengah berlangsung. Dari hasil seleksi tahap pertama, telah tersaring 107 kandidat DK OJK dari beragam latar belakang profesi," kata Apung, Kamis (9/2/2017).

Apung menambahkan, jangan sampai DK OJK nantinya diisi oleh orang yang tidak berkompeten dalam menjaga stabilitas keuangan nasional dari risiko eksternal dan internal.

"DK harus mampu mendorong inklusi keuangan demi mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan dinikmati seluruh komponen masyarakat serta mewujudkan Good Corporate Governance pada seluruh stakeholders lembaga keuangan," pungkasnya.

Sebagai informasi, FITRA juga mengajak organisasi masyarakat sipil lain untuk bersama-sama mengawal seleksi OJK, agar transparan dan aspiratif. FITRA juga akan memetakan kebutuhan, tantangan dan kriteria figur apa yang cocok untuk memimpin OJK kedepan.