Sabtu, 11 Februari 2017 11:41 WIB

Polri-TNI Siap Amankan Pilgub DKI 2017

Editor : Hermawan
Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI melakukan apel pengamanan Pilgub DKI 2017 di Monas, Jakarta, Sabtu 11 Februari 2017. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menggelar Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara Dalam Rangka Pilkada Serentak 2017, di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pagi ini.

Berdasarkan pantauan, sebanyak 3.500 personel gabungan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Satpol PP DKI Jakarta, mengikuti apel kesiapsiagaan di bawah guyuran hujan. Sejumlah kendaraan taktis dan operasional seperti Anoa, Barracuda, Helikopter, Sepeda Motor Patwal dan lainnya, terparkir di sisi kanan-kiri barisan personel.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan, Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono, dan Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lakhsmana, bertindak sebagai pemimpin apel.

"Hari ini kita apel bersama kesiapsiagaan pengamanan tahap pemungutan suara. Saya akan totalitas, maksimal mengamankan jalannya pilkada," ujar Iriawan, Sabtu (11/2).

Ia menyampaikan, Jakarta merupakan barometer Indonesia, sehingga diharapkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dapat berjalan lancar serta aman. "Saya berharap Pilkada Jakarta dapat berjalan aman dan kondusif," ungkapnya.

Sementara itu, Pandam Jaya Teddy Lakhsmana menyampaikan, TNI berkomitmen membuat Jakarta aman.

"Saya hanya menekankan beberapa poin dalam rangka kita bersinergi khususnya TNI dan Polri untuk melaksanakan tugas terhormat ini. Pertama komit kita, Jakarta harus Aman. Saya ulangi sekali lagi Jakarta harus aman," katanya.

Dia menuturkan, TNI akan mendukung penuh Polri dalam melaksanakan pengamanan.

"Sejalan dengan hal tersebut sebagaimana telah disampaikan Panglima TNI, bahwa TNI siap mem-back up polri berapa pun jumlah kekuatan yang diminta," tegasnya.

Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono menyampaikan, tahapan Pilkada DKI Jakarta sudah mencapai 99 persen. Diharapkan, masyarakat mau antusias melakukan pemungutan suara di TPS-TPS. "Jangan khawatir, pengamanan sudah siap. Penyelenggara Pilkada juga sudah siap melaksanakan," tandasnya. (ist)