Minggu, 19 Februari 2017 20:29 WIB

Tentara Filipina Bentuk Gugus Tugas Buru Raja Narkoba

Editor : Yusuf Ibrahim
Tentara Filipina. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tentara Filipina dilaporkan akan membuat gugus tugas khusus untuk mendukung kebijakan antinarkoba Presiden Rodrigo Duterte.

Gugus tugas ini memiliki misi untuk menemukan dan menangkap para raja narkoba di Filipina.  "Pasukan itu hanya akan memberikan bantuan dalam kampanye antinarkoba, dan tidak berpatroli di jalan-jalan atau memainkan segala jenis peran utama," kata kepala Drug Enforcement Agency Filipina (PDEA), Isidro Lapena.

Hal senada juga disampaikan oleh kepala Angkatan Bersenjata Filipina (AFP), Eduardo Ano. Menurutnya, gugus tugas ini kelak hanya ditugaskan dalam misi-misi khusus, dan bukan pemain utama dalam operasi antinarkoba.

Ano juga menyebut, gugus tugas ini sejatinya belum sepenuhnya terbentuk. Tentara Filipina, lanjut Ano, masih melakukan perekrutan, dan gugus tugas ini mungkin akan memiliki kekuatan satu batalion penuh.

"Kami siap untuk beroperasi dengan PDEA. (Satgas) belum dibuat, tapi kita berbicara tentang ukuran batalion. Hingga 5.000 tentara dapat dimobilisasi di bawah gugus tugas, atau hanya 500 tergantung pada ancaman," ucap Ano, seperti dilansir Reuters pada Minggu (19/2).

Ano, bagaimanapun, mengesampingkan operasi berdarah yang mungkin akan dilakukan oleh gugus tugas khusus itu. Dia menyebut operasi yang dilakukan akan berbeda dengan apa yang dilakukan oleh polisi nasional.

"AFP tidak akan melakukan itu, kita tidak akan terlibat di jalan. Angkatan bersenjata akan membantu PDEA dalam menemukan dan menangkap sindikat narkoba tingkat tinggi," tukasnya.(exe/ist)