Senin, 20 Februari 2017 14:47 WIB

Terkendala Cuaca, Penelitian Artefak Cerucuk di Jakbar Tertunda

Editor : Hermawan
Penelitian cerucuk yang diperkirakan berumur ratusan tahun di proyek revitalisasi Kali Krukut, Jalan Bank, Taman Sari, Jakarta Barat, terkendala cuaca, Senin (20/2/2017).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Penelitian cerucuk yang diperkirakan berumur ratusan tahun di proyek revitalisasi Kali Krukut, Jalan Bank, Taman Sari, Jakarta Barat, terkendala cuaca, Senin (20/2/2017).

Diperkirakan, masih ada artefak lain yang berada di dekat pintu air lokasi tersebut.

"Kedalaman cerucuk diprediksi lima hingga tujuh meter. Tim kami terkendala hujan dan arus sungai untuk saat ini, jadi belum tahu pasti kedalamanya. Kemungkinan ada artefak lainya seperti pondasi bata atau batu di kawasan cerucuk," ujar Candrian Attahiyat, Arkeolog Tim Ahli Cagar Budaya DKI Jakarta, Senin (20/2/2017).

Menurut Candrian, timnya baru bisa melakukan penelitian secara kasat mata. Belum bisa masuk ke penelitian arkeologi. "Jadi kami belum tahu pasti jenis kayu apa dan fungsi sebenarnya cerucuk itu. Dugaan sementara itu sebagai pintu air," tandasnya.

Cerucuk yang sudah terlihat saat ini sejumlah lima balok. Tim masih meneliti apakah aman jika cerucuk tersebut dicabut untuk diteliti. (ist)