Rabu, 08 Maret 2017 10:59 WIB

Legenda Arsenal Thierry Henry Disebut-sebut Bakal Gantikan Arsene Wenger

Editor : RB Siregar
Thierry Henry bersama Josh Kroenke.(ist)

LONDON, Tigapilarnews.com - Tersingkirnya Arsenal dari Liga Champions 2016/2017 setelah dibantai Bayern Muenchen dengan agregat 10-2, Rabu (8/3/2017) dini hari WIB, agin perubahan semakin kencang di Emirates Stadium. 

Kursi Manajer Arsenal, Arsene Wenger, pun semakin panas. Nama legenda The Gunners Thierry Henry (39) pun disebut-sebut kandidat kuat untuk menggantikan pelatih asal Prancis berusia 67 tahun itu.

Jika selama ini tekanan bertubi-tubi datang dari fans Arsenal agar Wenger diganti, kini giliran anak pemilik saham terbesar Arsenal,  Stan Kroenke Jr yang meminta.
 
Henry sudah dijadwalkan mengikuti kurus kepelatihan profesional Uefa, yang dimulai musim depan, meskipun dia belum memiliki pengalaman sebagai manajer. 

Tetapi, optimisme Henry bisa menjadi manajer karena  memiliki bakat serta pernah di tangah pelatih hebat sekelas Pep Guardiola maupun Aime Jacquet, tentunya juga di tangan Arsene Wenger.

Sejak 2016, Thierry Henry  dipercaya sebagai asisten pelatih Timnas Belgia. Dia membantu Roberto Martínez untuk urusan ketajaman lini depan.

Kroenke Jr sangat yakin  Henry bisa meniru prestasi Guardiola, yang ditunjuk menjadi pelatih Barcelona dengan pengalaman kepelatihan yang terbatas.

Zinedine Zidane, rekan senegara Henry yang juga sama-sama pernah membela Timnas Prancis,  tapi sejauh ini berhasil sebagai manajerial pertamanya bersama Real Madrid.  

Henry juga pernah ditawari melatih Tim U-18 Arsenal setelah  mendapat lisensi A Uefa, namun urung karena  Wenger menilai Henry terlalu sibuk sebagai komentator di televisi.

Mantan pemain internasional Prancis itu merupakan striker Arsenal tersubur dalam urusan mencetak gol, yakni sebanyak  228 gol.

Arsenal dibantai Bayern Muenchen 5-1 saat bertandang ke Allianz Arena pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Hal serupa terulang lagi. Klub Gudang Peluru itu juga kalah telak di leg kedua, dengan skor serupa.

The Gunners juga terancam tak lolos Liga Champions musim depan.  Arsenal kini berada di posisi kelima klasemen Liga Inggris dengan membukukan 50 poin di bawah Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City dan Liverpool.


0 Komentar