Sabtu, 11 Maret 2017 11:38 WIB

Tangerang Miliki Petugas 'Sedekah Sampah'

Editor : Hendrik Simorangkir
Petugas kebersihan sedang mengangkut sampah di wilayah Jakarta Pusat. (ist)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Dinas Lingkungan Hidup menempatkan petugas "Sedekah Sampah" dalam setiap acara Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam mengantisipasi sampah yang berserakan.

Kepala Bidang Kebersihan Kota Tangerang, Buceu Gartina mengatakan, seluruh petugas yang bekerja akan dilengkapi dengan kantong plastik untuk memasukan sampah-sampah.

Tak hanya membersihkan saat maupun sesudah acara, petugas juga menyisir sampah saat acara berlangsung. Biasanya, pengunjung atau tamu acara membuang sampah secara sembarangan meski telah disiapkan tempat sampah.

"Biasanya tamu undangan membuang sampah sembarangan. Maka itu, petugas langsung sigap membersihkan sampah hingga acara selesai," ujar Buceu, Sabtu (11/3/2017).

Sampah yang dibersihkan pun dibagi dua yakni, sampah organik dan anorganik. Maka itu, plastik yang disiapkan pun berbeda dan bisa dipakai kemudian.

"Target kita adalah menjaga lokasi acara menjadi bersih sekaligus mengedukasi warga agar tertib membuang sampah," jelasnya.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah telah mencanangkan Gerakan Sedekah Sampah yang juga bertepatan dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2017.

Gerakan Sedekah Sampah adalah Gerakan sosial yang juga bertujuan untuk mengurangi volume sampah di Kota Tangerang.

Program Sedekah Sampah merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama. Sampah yang sudah dipilah warga, disedekahkan melalui Bank Sampah dan hasilnya akan diberikan kepada badan pengelola zakat.


0 Komentar