Rabu, 12 April 2017 17:30 WIB

Debat Final Pilgub DKI, KPU Pastikan Pertanyaan Bukan Settingan

Reporter : Bili Achmad Editor : Hendrik Simorangkir
Komisioner KPU DKI, Betty Epsilon Idroos. (Foto: Bili)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pilgub DKI putaran kedua hampir mendekati babak akhir, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI resmi menggelar debat kandidat terakhir untuk lebih memudahkan masyarakat memilih pilihannya 19 April 2017.

Komisioner KPU DKI, Betty Epsilon Idroos mengatakan, debat kali ini berbeda dengan debat sebelumnya, kali ini debat digelar dengan melibatkan 75 komunitas di Jakarta yang nantinya akan memberikan pertanyaan kepada dua pasangan calon (paslon).

"Kan ada lima isu. Semua isu itu kita undang untuk menjadi bagian dari perhelatan hari ini. Ada 15 orang setiap isu yang kita undang. Jadi total ada 75 orang," ungkap Betty disela persiapan debat, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Nantinya, 75 orang perwakilan komunitas itu tidak semuanya akan mengajukan pertanyaan, hal ini bertujuan untuk menghindarkan tudingan 'setingan' dalam debat terakhir itu.

Selain itu komunitas yang diundang juga telah mengisi komitmen dan pakta integritas agar tidak berpihak kepada salah satu paslon.

"Pertama kami membentuk task force kelompok kerja terdiri dari mereka yang ahli di bidangnya, profesional dan akademis, tidak berafiliasi kepada salah satu pasangan calon, lalu kan sudah ada lima subtema. Lalu mereka akan memilih dari 4 komunitas yang akan bertanya," jelasnya.

"Penanya dipilih secara random ball, jadi mereka sudah merangkai sekian banyak soal dan itu yang akan ditanyakan dan itu akan diacak dari sekian banyak pertanyaan," imbuh Betty.

Berdasarkan pantauan tigapilarnews.com, saat ini persiapan masih terus dilakukan petugas KPU, nantinya debat akan dimulai sekira pukul 19.30 WIB. 


0 Komentar