Minggu, 23 April 2017 19:21 WIB

Pemkot Jaktim Ingin KBT Bebas PKL

Reporter : Rachmat Kurnia Editor : Danang Fajar
Wakil Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar saat menyerahkan alat kebersihan kepada PPSU yang bertugas membersihkan sampah di sekitar KBT (foto: Amet)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Wakil Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar menargetkan kawasan Kanal Banjir Timur terbebas dari Pedagang Kaki Lima (PKL). 

Untuk melaksanakan kebijakan tersebut, nantinya Pemkot Jakarta Timur akan melakukan pengawasan plus kerja bakti massal setiap awal bulan.

"Saya sudah perintahkan semua jajaran UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah) agar mengawasi kawasan ini," kata Anwar saat menggelar Aksi Kebersihan Minggu (23/4/2017).

Anwar menjelaskan tanggung jawab pengawasan PKL tidak bisa diserahkan sepenuhnya pada kewenangan kewilayahan, namun diperlukan kerja sama dengan semua pihak.

"Kalau menyerahkan ke Camat atau Lurah, saya yakin tidak akan bisa, wilayah ini terlalu luas untuk diawasi oleh satu pihak," ujarnya.

Diketahui kawasan Kanal Banjir Timur memiliki panjang 23 kilometer, hampir tiap titik terdapat PKL yang berjualan.

"Makanya saya katakan, harus ada koordinasi antar semua pihak. Kan kalau lingkungan bersih, masyarakat juga merasakan dampaknya," katanya.

Menanggapi hal tersebut. Kasatpol PP Jakarta Timur Hartono Abdullah mengatakan, kedepan upaya pengawasan akan dilakukan dengan dua pola. Pertama, melakukan pendekatan hingga memberi pengertian tentang tata tertib.

"Kedua kita bisa merelokasi mereka ke tempat yang sudah disediakan untuk berjualan. Soalnya ini adalah icon Jakarta Timur, jadi kondiainya harua bersih," pungkasnya.


0 Komentar