Senin, 22 Mei 2017 22:31 WIB

Sewdia Mitra Dagang Terbesar Indonesia di Eropa Utara

Editor : Rajaman
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Raja Swedia Carl XVI Gustaf (kiri) usai menyampaikan keterangan pers di Istana Bogor, Jawa Barat (ist)

BOGOR, Tigapilarnews.com - Presiden Joko WIdodo mengatakan Swedia adalah negara mitra dagang terbesar bagi Indonesia untuk kawasan Eropa Utara atau Nordik.

"Swedia merupakan mitra perdagangan terbesar Indonesia di Nordik. Angka investasi Swedia meningkat lebih dari 1.400 persen pada tahun 2016 dibanding tahun 2015," kata Presiden di Istana Bogor, Senin (22/5/2017)

Presiden menyampaikan hal itu saat melakukan konferensi pers bersama dengan Raja Carl XVI Gustaf yang datang ke Indonesia pada 22-24 Mei 2017. Ia didampingi oleh Ratu Silvia dan delegasi yang terdiri atas 35 relasi bisnis.

Selain menyebut Swedia sebagai mitra dagang terbesar, Presiden juga menilai kunjungan kali ini merupakan kunjungan bersejarah.

"Kunjungan ini merupakan kunjungan bersejarah dan untuk pertama kalinya seorang kepala negara Swedia melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, dalam sejarah 65 tahun hubungan bilateral kita," tambah Presiden.

Menurut Presiden, Indonesia dan Swedia memiliki banyak persamaan dalam politik luar negeri seperti berperan aktif dalam pasukan perdamaian PBB, mendukung kemerdekaan Palestina dan bahkan sepakat untuk melakukan kerja sama trilateral membantu Palestina sejak 2015.

"Dan kita mengutamakan penyelesaian damai dalam konflik-konflik yang ada. Hal ini tentu saja, merupakan aset yang harus dikapitalisasi. Terbukti hubungan ekonomi kedua negara sangat intensif dan beragam," ungkap Presiden.

Jumlah turis Swedia datang ke Indonesia juga meningkat 15 persen pada 2016 dan merupakan kunjungan terbesar dari negara Nordik.

Pada kali ini, Raja Carl XVI Gustaf juga membahas upaya pengembangan kerja sama di bidang energi terbarukan melalui kerja sama konkrit.

"Saya menyambut baik ditandatanganinya dua dokumen kerja sama antar pemerintah di bidang bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas serta kerja sama di bidang transportasi, navigasi udara dan bandara serta kerja sama di bidang industri kreatif," jelas Presiden.

Beberapa kerja sama juga ditandatangani secara terpisah yaitu kerja sama di bidang inovasi, di bidang kewirausahaan, di bidang "science park" dan pembiayaan pendidikan.

Raja Carl XVI Gustaf datang ke Indonesia didampingi oleh Ratu Silvia dan 35 relasi bisnis dan akan menyelenggarakan "Indonesian Sweden Executive Forum" Hadir juga Menteri Luar Negeri Swedia, Sekretaris Negara Urusan Anak dan Kesetaraan Gender dari Kementerian Kesehatan Swedia. Fokus pembahasan dalam kunjungan itu adalah kerja sama di bidang investasi, perdagangan, energi terbarukan, riset dan teknologi

sumber: antara


0 Komentar