Jumat, 09 Juni 2017 17:16 WIB

Mengenal Tim HIU, Penjaga Kepulauan Seribu

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
Tim HIU Polres Kepulauan Seribu. (Foto: Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Demi menjaga keamanan wilayah pesisir dan Kepulauan Seribu, Polres Kepulauan Seribu membentuk tim taktikal bernama Hybrid Interceptor Unit (HIU).

Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Boy Rando mengatakan, tim atau satuan khusus HIU ini dibentuk sebagai pengembangan dari timsus terdahulu yang bertugas untuk menangani dengan cepat ancaman keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan tindakan kriminalitas lainnya baik di darat maupun di wilayah Kepulauan Seribu.

"Timsus HIU dilengkapi dengan Kapal atau speedboat Karet dengan terdiri dari 15 personel dan dipimpin 2 Perwira Pertama, Iptu Bernardus Koloay dan Iptu Andriyanto, tim inipun dilengkapi dengan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat dan persenjataan yang melekat padanya tentunya guna penyerbuan di laut," ujar Boy Rando, Jumat (9/6/2017).

Adapun pelatihan yang dilakukan oleh Timsus HIU yakni, penyerbuan diatas kapal, penggerebekan terduga teroris, penyelaman selam polri, beladiri Polri, dan menembak cepat dan tembak reaksi.

"Kemudian timsus HIU telah diberikan pelatihan khusus salah satunya pelatihan yang tak dimiliki oleh satuan unit khusus Polres manapun yaitu kemampuan SAR air atau menyelam. Dan kemampuan tim ini adalah satu tingkat diatas Sabhara dan satu tingkat dibawah Brimob," Ungkapnya.

"Tidak hanya menangani kamtibmas di wilayah Kepulauan Seribu, timsus HIU siap untuk di BKOkan di Polres Jajaran Polda Metro Jaya," tandasnya.


0 Komentar