Sabtu, 10 Juni 2017 14:11 WIB

Jalan Non-Tol Pantura Bisa Jadi Alternatif Saat Cipali Padat

Editor : Hendrik Simorangkir

CIREBON, Tigapilarnews.com - Jalur nasional non-tol di pantai utara Jawa (Pantura) yang menghubungkan Cikampek dengan pintu tol Pejagan di Cirebon bisa menjadi jalan alternatif bagi pemudik jika jalan tol Cipali macet selama masa mudik Lebaran 2017.

"Jalan jalur Pantura sudah bagus sehingga siap digunakan untuk arus mudik dan balik dari arah barat ke timur serta sebaliknya," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, saat menelusuri jalan tol dan non-tol menggunakan mobil untuk mengecek infrastruktur menjelang arus mudik, Sabtu (10/6/2017). 

Sebelum ada tol Cirebon-Palimanan (Cipali), jalan Pantura merupakan jalur utama pemudik menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur yang padat. Setelah ada Tol Cipali, pengguna jalur itu berkurang.

Basuki mengatakan, jalan di jalur Pantura diperbaiki supaya kendaraan tidak terkonsentrasi di Cipali.

"Kita berupaya mengurangi kemacetan dengan mengoptimalkan jalur Pantura yang saat ini kondisinya bagus," katanya.

Namun, lanjutnya, beberapa bagian jalan masih berlubang dan sedang diperbaiki. Proses perbaikan diperkirakan selesai dalam dua hingga tiga hari.

"Penambalan jalan di sejumlah titik itu tidak makan waktu lama dan sebelum arus mudik sudah selesai," jelas Basuki.

Meski kondisi jalan Pantura sudah cukup bagus, namun pengendara sebaiknya tetap hati-hati saat melewatinya karena ada banyak truk yang parkir di bahu jalan.

Selain itu, ada beberapa pasar yang berpotensi menyebabkan kemacetan lalu lintas kendaraan seperti pasar di Pananukan, Patrol, serta Tegal Gubug, Arjawingangun, Cirebon.

Di sepanjang jalan Pantura juga banyak peminta sumbangan yang memasang ban bekas atau tong di tengah jalan.

 

Sumber: antara


0 Komentar