Rabu, 21 Juni 2017 14:21 WIB

Panti Sosial Bukan Penjara Anak

Reporter : Evi Ariska Editor : Hermawan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3, Ucu Rahayu mengatakan kebanyakan anak-anak yang berada di panti sosial adalah anak-anak yang mempunyai masalah ekonomi.

Pasalnya, menurut Ucu, adalah hal yang tidak mungkin orangtua kandung rela memasukkan anaknya ke panti sosial jika tidak bermasalah.

Berbeda halnya dengan  “Anak Negara” dia menjadi tanggung jawab panti sosial hingga berumur 17 tahun atau lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Yang penting kami menyekolahkan mereka, memenuhi hak dasar anak, yaitu pendidikan. Nah, selain itu di panti juga mereka mempunyai kegiatan yang tujuannya untuk mengembangkan potensi diri di luar akademisnya. Misalnya kegiatan seni, olahraga, kegiatan yang menunjang,” kata Ucu, saat dikonfirmasi, Rabu (21/6/2017).

Meski demikian, Ucu menegaskan, panti sosial bukanlah penjara bagi anak-anak. Ucu malah selalu berusaha membuat mereka merasa nyaman dan memfasilitasi juga memberikan hak-hak mereka.

Ucu mengatakan karena ada sebagian pihak yang menyebut panti sosial seperti layaknya penjara.

“Tetapi, pada prinsipnya misalnya orangtua sudah mau mengambil anaknya kembali, kami dengan senang hati memberikan. Namun, harus kami dengar terlebih dahulu alasannya, karena apakah mereka ingin anaknya dikembalikan, misalnya dia bilang sudah menyanggupi hak-hak anak kita dengan senang hati melepasnya,” pungkasnya.

 


0 Komentar