Jumat, 04 Agustus 2017 10:17 WIB

Polisi Periksa Pengendali 1,2 Juta Ekstasi di Nusakambangan

Editor : Danang Fajar
Direktur Narkoba Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol, Eko Daniyanto. (poto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri memeriksa Aseng, narapidana di Lapas Nusakambangan yang diduga mengendalikan penyelundupan 1,2 juta butir ekstasi dari Belanda.

"Saat ini tim penyidik sudah tiba di LP Nusakambangan. Pemeriksaan terhadap tersangka Aseng sedang berlangsung," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto di Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Eko menjelaskan, pihaknya telah mendapatkan izin untuk memeriksa Aseng. Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sudah menyetujui permintaan kepolisian untuk memeriksa narapidana itu.

"Kemarin sudah dapat izinnya. Tim langsung berangkat dan sejak malam tadi pemeriksaan dilakukan," jelasnya.

Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan kasus penyelundupan narkoba jenis ekstasi sebanyak 1,2 juta butir asal Belanda dikendalikan oleh seorang narapidana di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

"Jaringan ini melibatkan seorang napi di Nusakambangan yang sudah divonis 15 tahun atas kasus sebelumnya," katanya.

Tito mengatakan bahwa ada tiga tersangka, satu di antaranya sudah tewas, dalam kasus narkoba yang terungkap setelah dua bulan penyelidikan itu. 

Tim gabungan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dengan Bea Cukai mendapatkan informasi mengenai paket narkoba yang akan masuk melalui jalur tikus di Pantai Utara dan pada 21 Juli membuntuti target yang tiba di Gudang Jalan Raya Kalibaru RT 01/01 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Pakuhaji, Tangerang, Banten.

Tim menggeledah gudang itu dan menemukan dua boks besar berisi ekstasi yang berisi 120 plastik pil ekstasi berbentuk Minion warna-warni dengan berat bruto 2,2 kilogram per bungkus atau setara dengan 1,2 juta butir.

Tim gabungan juga menangkap tersangka Liu Kit Tjung alias Acung (39), yang mengungkap sindikat narkoba yang dikendalikan oleh Aseng di Lapas Nusakambangan. (ist)


0 Komentar