Selasa, 15 Agustus 2017 06:26 WIB

Bandung Bakal Contoh Meksiko

Editor : Yusuf Ibrahim
Walikota Bandung, Ridwan Kamil. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemkot Bandung bakal mencontoh sistem transportasi massal yang telah diterapkan Meksiko.

Menurut Walikota Bandung, Ridwan Kamil, sistem transportasi dengan menggunakan bus lokal di negara itu cocok dan bisa diterapkan di Kota Bandung. 

“Sistem trans metro-nya Meksiko itu terbaik di dunia. Saya tugaskan dalam waktu dekat agar Kepala Dinas Perhubungan segera melakukan percontohan,” kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Pendopo Kota Bandung, Senin (14/08/2017).

Dia menyebutkan, bis-bis lokal di Meksiko didesain dengan sangat nyaman dan memuat kapasitas yang banyak.

Bahkan, ada bis yang memiliki tiga gandengan sekaligus. Jalan-jalan di sana juga dibuat lebar sehingga bis berkapasitas besar itu bisa melaju tanpa hambatan.

Dia menilai, kesuksesan bis lokal di Meksiko diukur dari kemampuannya mengubah gaya hidup masyarakat. Semula, masyarakat di sana juga menggunakan mobil sebagai moda transportasi utama. Kini, warga beramai-ramai berpindah ke transportasi publik.

“Saking bisnya nyaman, jarak antar bisnya dekat, dan haltenya banyak sekali, mengakibatkan orang mengubah gaya hidup. Dari yang biasanya bermobil, bermotor, sekarang naik bis,” imbuhnya.

Namun, kata dia, untuk di Kota Bandung sendiri dibutuhkan konsep baru agar Trans Metro Bandung (TMB) bisa berjalan maksimal. Sebab, Kota Bandung dihadapkan pada persoalan sempitnya ruas jalan.

“Maka kita harus bikin konsep busway-TMB yang bisnya sedang tapi memadai. Itu sedang kita pikirkan. Mungkin, Jalan Soekarno Hatta bisa menjadi percontohan,” ujar dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil bersama sejumlah jajaran Pemkot Bandung melakukan studi banding ke Meksiko untuk melihat langsung sistem transportasi massal di negara tersebut.

Saat kunjungan kerja tersebut, salah satu yang menjadi perhatian adalah sistem transportasi menggunakan bus lokal, sebagaimana TMB di Kota Bandung.(exe/ist)


0 Komentar