Jumat, 30 Maret 2018 16:45 WIB

Tingkatkan Bisnis, PLN Dirikan Anak Perusahaan Manfaatkan Panas Bumi

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Perusahaan listrik milik negara PLN berusaha untuk meningkatkan bisnis tenaga panas bumi melalui pembentukan anak perusahaan baru, PLN GG, untuk menangani proyek-proyek geotermalnya.

Sebagai tugas pertama, entitas akan mengembangkan delapan wilayah untuk kerja memanfaatkan panas bumi yang ditugaskan sebelumnya oleh pemerintah. Mereka diperkirakan menghasilkan 300 megawatt (MW) listrik.

Direktur perencanaan korporasi PLN Syofvi Felienty Roekman baru-baru ini mengatakan anak perusahaan, yang juga akan bekerja pada proyek-proyek gas, telah dibentuk karena PLN diharapkan untuk fokus pada pengembangan energi terbaru di masa depan.

“PLN akan mengembangkan delapan wilayah tersebut,” katanya, seraya menambahkan bahwa pembangkit listrik dari jenis sumber terbaru lainnya, seperti matahari dan angin, akan ditangani oleh anak perusahaan PLN lainnya.

Pemerintah sedang meninjau proposal PLN untuk mengembangkan tiga wilayah untuk kerja memanfaatkan panas bumi.

Dalam rencana bisnis pengadaan listrik (RUPTL) untuk periode 2018-2027, PLN membayangkan pengembangan pembangkit listrik terbaru akan berkapasitas total 14.911-MW dalam dekade berikutnya. Dari angka tersebut, 4.583-MW akan berasal dari fasilitas tenaga panas bumi.

Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pembangkit listrik melalui panas bumi dari 1.838,5-MW tahun lalu menjadi 2.058,5-MW pada 2018 dan 7,200-MW pada 2025.


0 Komentar