Kamis, 05 April 2018 16:00 WIB

Pembangunan Kincir Angin Sidrap Diperkirakan Selesai Bulan Juli

Editor : Amri Syahputra

Makassar, Tigapilarnews.com _ Setelah pembangunan kincir angin Sidrap seluas 100 hektar di Kabupaten Sindereng Rappang, Sulawesi Selatan akan segera memiliki ladang angin lain di Kabupaten Jeneponto, yang pembangunannya diperkirakan akan selesai pada bulan Juli.

Pembangunan Jeneponto I Wind Farm, yang dirancang untuk memiliki kapasitas 72 megawatt (MW), pada awalnya akan mulai beroperasi pada 2019.

“Kami hanya perlu memasang tiang dan turbin. Kami hanya butuh dua atau tiga bulan, ”kata direktur konstruksi PT Energi Bayu Jeneponto, Peter Oliver di peternakan angin, Rabu.

Sementara itu, menara setinggi 135 meter masih diadakan di Pelabuhan Soekarno-Hatta di ibukota provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, yang berjarak 100 kilometer dari lokasi.

Pertanian angin dikembangkan oleh PT Energi Bayu Jeneponto bekerjasama dengan Equis Energy yang berbasis di Australia. Investasi untuk tahap pertama proyek ini mencapai $160 juta. Proyek ini sedang dikembangkan di 60 hektar lahan di tiga kabupaten yaitu; Turatea, Binamu dan Batang.

Manajer Umum PLN untuk Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara Bambang Yusuf mengatakan bahwa PLN akan melakukan operasi uji coba segera setelah selesainya konstruksi proyek dan sebelum pembangkit listrik terhubung ke jaringan PLN.

"Ketika peternakan mulai beroperasi, kapasitas kami akan menjadi 1.500 MW," katanya, ia menambahkan bahwa PLN akan membeli listrik sebesar 10,89 sen AS per kilowatt per jam.

Pasokan listrik untuk PLN di wilayah tersebut mencapai 1.100 MW, yang berarti bahwa PLN memiliki 100 MW cadangan listrik, tambahnya.


0 Komentar