Kamis, 31 Mei 2018 16:10 WIB

Pertamina Memasok 4,3 Juta Kiloliter Premium di Tiga Wilayah

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Pemerintah berencana untuk mengalokasikan setidaknya 4,3 juta kiloliter bensin bermerek Premium di Jawa, Madura dan Bali hingga akhir tahun, sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memastikan bahwa bensin termurah tersedia hingga 2019.

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fanshurullah Asa membenarkan rencana tersebut pada hari Rabu, mengatakan bahwa alokasi tersebut dihitung berdasarkan jumlah SPBU di ketiga wilayah tersebut.

“Kami telah menghitung pada asumsi sekitar 2.090 SPBU dan muncul dengan 4,3 juta kiloliter Premium. Oleh karena itu, kami akan mendistribusikan sekitar 11,8 juta kiloliter Premium di seluruh Indonesia tahun ini, ”katanya.

Pernyataan itu muncul setelah Jokowi menandatangani peraturan presiden yang direvisi yang mensyaratkan bensin Premium bersubsidi untuk dijual di pom bensin di Jawa, Madura dan Bali.

Fanshurullah menambahkan bahwa Pertamina perlu mengisi ulang pompa bensin di tiga wilayah menjelang minggu depan Idul Fitri massal.

Premium gasoline adalah merek bensin termurah dengan harga Rp6.550 per liter, tetapi memiliki emisi tertinggi dengan angka oktan (RON) 88. Sebagai perbandingan, 90-RON Pertalite berharga Rp7.800 per liter.

Para ahli mengatakan peraturan yang direvisi akan membebani Pertamina sebagai distributor tunggal bensin Premium, karena nilai pasar riil Premium adalah Rp7.350.


0 Komentar