Senin, 04 Juni 2018 08:22 WIB

Akhir Tahun, Lapas Teroris Nusakambangan Ditargetkan Rampung

Editor : Rajaman
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H Laoly memastikan pembangunan lembaga pemasyarakatan teroris yang ada di Nusakambangan, Karanganyar, akan selesai maksimal pada akhir tahun ini.

"Maksimal pada akhir tahun ini dengan keamanan super maksimum, dengan kapasitas 520 orang," kata Yasonna, Senin (4/6/2018).

Yasonna mengemukakan, selain di Nusakambangan pembangunan rutan dengan keamanan super maksimal juga dilakukan di Cikeas, yang pembangunannya pada 2019.

"Kalau untuk khusus di Jatim masih belum, nanti yang ada dipindahkan ke sana [Nusakambangan]," ucapnya.

Sebelumnya, pada 23 Mei lalu, Presiden RI Joko Widodo memperkirakan penambahan lembaga pemasyarakatan (lapas) dengan pengamanan maksimal di Nusakambangan selesai dalam empat bulan. 

"Sudah ada, nanti tiga sampai empat bulan lagi selesai. Super maksimum tapi di Nusakambangan," ujar Jokowi kala itu di Gedung DPD I DKI Jakarta Partai Golkar.

Hal ini disampaikan menyikapi permintaan penambahan lapas sekaligus rumah tahanan (rutan) dengan pengamanan dan pengawasan maksimal bagi narapidana, terpidana, atau tersangka pidana terorisme.

Usulan ini disampaikan langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam rapat terbatas di Kantor Presiden beberapa hari sebelumnya.


0 Komentar