Selasa, 22 Januari 2019 19:26 WIB

Karier Pacquiao Terancam Berakhir

Editor : Eggi Paksha
Manny Pacquiao (kanan) saat menghadapi Adrien Broner. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ikon tinju Filipina, Manny Pacquiao, mengalami kerusakan retina mata kiri yang berpotensi mengakhiri kariernya di dunia tinju.

Cedera itu didapat Pacquiao saat mengalahkan Adrien Broner pada perebutan gelar kelas welter WBA di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Sabtu (19/1/2019) malam waktu lokal atau Minggu (20/1/2019) siang WIB.

Pacquiao dijadwalkan terbang kembali ke Filipina pada Senin (21/1/2019) waktu lokal untuk menjalani pemeriksaan oleh spesialis mata. Surat kabar New York Daily News edisi Senin, melaporkan Pacquiao menderita berbagia cedera. Media tersebut mengutip dua sumber di kamp yang tak mau disebut namanya.

Petinju berusia 40 tahun itu memberi tahu teman-teman setelah pertarungan bahwa dia kehilangan penglihatan di mata kirinya.

Satu sumber di kamp mengatakan kepada New York Daily News bahwa ketakutan di kubu Pacquiao adalah bahwa legendaris Filipina itu mengalami retina yang terlepas, yang bisa mengakhiri karier Pacquiao, sekaligus membatalkan rencana tanding ulang melawan Floyd Mayweather.

Namun, sumber lain dari kamp Pacquiao, mengatakan kepada News bahwa cederanya relatif kecil, hanya kornea yang tergores yang berasal dari plester di salah satu sarung tangan Broner. "Pac-Man" menderita goresan kornea pada pertandingan sebelumnya.

Pacquiao terjaga sepanjang malam setelah pertarungan melawan Broner tetapi mengeluh pada Minggu (20/1/2019) pagi akibat rasa sakit dan kehilangan penglihatan di mata kirinya, menurut laporan itu, seperti dikutip channelnewsasia.com.

Derita Pacquiao tak hanya di situ. Sang juara delapan divisi pertama dalam sejarah tinju, itu juga diberitahu oleh polisi Los Angeles bahwa rumahnya telah dibobol maling ketika dia berada di Las Vegas untuk pertarungan Broner, yang ia menangkan dengan suara bulat (unanimous decision) 117-111, 116-112, untuk mempertahankan kelas welter reguler World Boxing Association-nya. 

Kini, Pacquiao mencatat rekor tanding 61-7 dengan dua kali seri dan 39 menang KO. Dia berharap kemenangan itu akan mewujudkan pertandingan ulang dengan Mayweather yang tak terkalahkan yang pensiun. Mayweather mengalahkan Pacquiao dengan keputusan bulat pada 2015.(ist)


0 Komentar