Senin, 06 Mei 2019 12:07 WIB

Lokasi dan Waktu Kemacetan Diprediski Bergeser

Editor : Yusuf Ibrahim
Pasar kaget yang ada di pinggir jalan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Polda Metro Jaya memprediksi kemacetan di selama bulan suci Ramadhan bakal ada pergeseran waktu, baik pada jam keberangkatan maupun saat pulang kerja.

Adapun waktu macet di pagi hari misalnya, bakal bergeser pada pukul 06.30-08.00 WIB. "Waktu kepadatan arus lalin sebelumnya pukul 05.30 WIB di daerah penyangga dan di dalam kota (Jakarta) pukul 06.00 WIB menjadi pukul 06.00 WIB di daerah penyangga dan di dalam kota pukul 06.30 WIB," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol M Nasir di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Perubahan itu, kata dia, terjadi pula karena waktu masuk kantor yang di sampaikan pemerintah pukul 08.00-15.00 WIB. Begitu juga jam pulang kantor, jam macetnya bergeser, yang mana saat bulan puasa bakal terjadi pada pukul 15.00-18.00 WIB.

Lokasi yang menjadi titik kemacetan pada bulan puasa pun bakal bergeser, khususnya titik macet bakal terjadi di perkantoran dan pasar-pasar.

"Tempat kerawanan Kamseltibcar Lantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas) yang paling dominan itu perkantoran, pasar tradisional, pasar modern, tempat ibadah, lokasi kuliner (jelang buka puasa), dan pasar kaget yang ada di sepanjang jalan," tuturnya.

Adapun titik itu, tambahnya, terjadi hampir di semua lokasi wilayah hukum Polda Metro Jaya. Hanya saja, lokasi kemacetan itu diperkirakan terjadi pergeseran yang sifatnya situasional dan dalam jangka waktu yang pendek.

"Guna antisipasinya, kita koordinasi dan kerja sama pam kamseltibcar lantas dengan melibatkan semua pihak, yaitu Polri, Dishub, Pol PP, Pd Pasar Jaya, dan Pam Internal Obyek Kuliner," katanya.(exe)


0 Komentar