Selasa, 25 Mei 2021 12:18 WIB

Jeddah Imbau Umat Islam di Dunia untuk Benahi Arah Kiblat Masjid atau Mushala agar Lurus ke Kabah

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi salat berjamaah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Para astronom mengatakan matahari akan tepat sejajar dengan Kabah di Masjidil Haram, Arab Saudi, Kamis (27/5) pukul 12:18 siang waktu setempat. 

“Matahari akan berada tepat di atas Kabah sehingga pusat kiblat umat Islam di penjuru dunia itu akan kehilangan bayangannya untuk waktu yang singkat,” ungkap Majed Abu Zahra, kepala Masyarakat Astronomi Jeddah.

Para astronom mengatakan fenomena langit yang disebut "bayangan nol" terjadi dua kali setiap tahun di Masjidil Haram karena lokasinya di antara Khatulistiwa dan Tropic of Cancer.

Karena kemiringan sumbu bumi, matahari bergerak pada 23,5 derajat utara dan selatan khatulistiwa angkasa. Matahari berada tepat di atas kepala di tempat-tempat yang terletak di atas ekuator selama ekuinoks. “Orang-orang dapat menentukan arah yang tepat dari Kabah dengan meletakkan tongkat kayu secara vertikal di tanah; arah kiblat akan berlawanan dengan bayangan tongkat,” papar Abu Zahra.

Itu artinya, inilah saatnya bagi umat Islam di penjuru dunia untuk dapat membenarkan arah kiblat masjid atau mushala agar tepat lurus menuju kabah. Saat itulah, bayangan benda di seluruh dunia tepat lurus mengarah ke kiblat.(mir)


0 Komentar